Logindo Samudramakmur gunakan dana HMETD untuk operasional



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) telah melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penggunaan dana Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang diperoleh pada 19 Juni 2018.

Di semester I-2018, LEAD telah menggunakan dana tersebut sebanyak Rp 26,66 miliar. Saat ini, sisa dana HMETD yang dimiliki LEAD masih sebesar Rp 67,02 miliar. 

Dana itu rencananya akan digunakan untuk modal operasional pada semester II-2018. "Semester II akan digunakan untuk modal kerja," kata Sekretaris Perusahaan LEAD, Adrianus Iskandar kepada Kontan.co.id, Rabu (18/7).

Adrianus menambahkan, suntikan dana tersebut memang dibutuhkan perusahaan ini demi kelancaran operasional. Hal itu sekaligus untuk mengantisipasi agar operasional LEAD tidak terganggu masalah keuangan.

Hingga semester I-2018, utilisasi kapal LEAD mencapai 57%. Sebelumnya perusahaan menargetkan angka utilisasi di tahun ini mencapai 60%. Dengan peningkatan utilisasi itu, LEAD berharap bisa mencatatkan kenaikan pendapatan hinggga 10% pada tahun ini.

Tahun lalu, LEAD mencatatkan pendapatan sebesar US$ 27,01 juta. Turun 16,9% dibandingkan pendapatan tahun 2016 sebesar US$ 32,5 juta. Pendapatan dari jasa sewa kapal menyumbang US$ 25,3 juta, sementara jasa pelayaran lainnya mencatatkan kontribusi sebesar US$ 1,67 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .