Logindo targetkan utilisasi kapal naik menjadi 65%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) optimistis tahun ini bisa meningkatkan utilisasi kapal. Perusahaan memperkirakan tren kenaikan harga minyak berpeluang mendongkrak utilisasi kapal.

"Tadinya di bawah 50%, tahun ini target paling tidak utilisasinya 65%," kata Eddy Kurniawan Logam, Direktur Utama LEAD, Senin (9/4).

Menurutnya, tahun lalu, sudah ada perbaikan dari segi utilisasi kapal. Perusahaan juga bisa menekan rugi menjadi US$ 20 juta pada 2017.


Meski demikian, perusahaan masih belum yakin tahun ini bisa mencatatkan keuntungan. Pasalnya, dalam tahun-tahun terakhir ini, biaya sewa kapal masih turun hingga 50%. Jadi, meski utilisasi meningkat, perusahaan belum yakin bisa mencatatkan laba pada 2018. "Yang jelas kami berusaha mengurangi kerugian," kata Eddy.

Logindo juga berharap bisa mencatatkan kenaikan pendapatan hinggga 10% pada tahun ini. Hal ini seiring dengan strategi peninngkatan utilistas perusahaan perkapalan ini.

Sebagai informasi, tahun lalu, LEAD mencatatkan pendapatan sebesar US$ 27,01 juta. Pendapatan perusahaan turun 16,9% dibandingkan  tahun 2016 yang sebesar US$ 32,5 juta. Pendapatan yang berasal dari jasa sewa kapal menyumbang US$ 25,3 juta, sementara jasa pelayaran lainnya mencatatkan kontribusi sebesar US$ 1,67 juta.

Namun, beban pokok pendapatan menjadi beban terbesar yaitu mencapai sebesar US$ 28,01 juta. Jumlah beban pokok ini bahkan lebih besar dibandingkan dengan pendapatan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini