Lonjakan Impor Diperkirakan Terus Berlanjut, Bisa Menekan Rupiah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lonjakan impor diperkriakan akan terus belanjut. Hal ini dikhawatirkan bisa berimbas pada pelemahan nilai tukar rupiah, juga menurunkan nett export sehingga bisa mengganggu pemulihan ekonomi Indonesia.

Untuk diketahui, nilai impor Indonesia pada bulan Mei 2023 mencapai US$ 21,28 miliar atau naik 38,65% dari bulan sebelumnya. Peningkatan impor terlihat dari kenaikan impor baik minyak dan gas (migas) maupun impor non migas.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, kenaikan impor tersebut akan terjadi pada impor barang konsumsi, bahan baku dan juga barang modal.


“Contohnya barang konsumsi dan bahan baku berkaitan dengan impor pangan yang tinggi sekali. Impor beras rencananya 3 juta ton, dan impor bawang putih serta daging bakal meningkat tajam,” tutur Bhima kepada Kontan.co.id, Minggu (18/6).

Baca Juga: Impor Non Migas Pada Mei 2023 Mencapai US$ 18,14 Miliar, Didominasi China

Menurutnya, lonjakan impor yang terus berlanjut akan menjadi beban pada neraca perdagangan Indonesia, sehingga surplusnya akan mengecil. Apalagi, menjelang pemilihan umum (pemilu), ada kecenderungan impor pangan naik.

Kemudian, untuk impor barang modal termasuk mesin yang digunakan di proyek infrastruktur maupun proyek smelter nilainya akan terus naik. Hal ini karena pemerintah tengah mempercpat pengerjaan infrastruktur diakhir masa jabatan Presiden Joko Widodo.

“Selama proyek infrastruktur ditargetkan selesai sebelum pemilu 2024 maka impor nya juga akan melonjak tajam.” Kata Bhima.

Selian itu, program hilirisasi juga akan berdampak pada melonjaknya impor, karena teknologi untuk pengerjaan hirilisasi tersebut belum ada dalam negeri. Selain itu, ada juga pengaruh tren investasi dari sebagian negara yang lebih memilih impor berbagai barang untuk memuluskan pengerjaan proyek di indonesia.

“Besi baja impor jadi biang keladi meningkatnya impor selain mesin. Lonjakan impor juga melemahkan industri dalam negeri. Contohnya pada besi baja, padahal ramai proyek infrastruktur tapi tidak berkorelasi pada penjualan sektor besi baja lokal secara signifikan,” jelasnya.

Dengan proyeksi lonjakan impor tersebut, Bhima memperkirakan dampaknya akan mempengaruhi nilai tukar rupiah dan juga melemahnya ekspor. “Sehingga pertumbuhan ekonomi ikut terganggu,” imbuhnya.

Baca Juga: Surplus Neraca Perdagangan Turun, Ini Kata BI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat