LRT Jabodebek Tingkatkan Jumlah Perjalanan Menjadi 350 Perjalanan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. LRT Jabodebek meningkatkan jumlah perjalanannya. Terkait hal tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan komitmennya untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memastikan perjalanan LRT Jabodebek yang selamat, aman, dan nyaman.

Melansir Infopublik.id, Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa penambahan perjalanan itu dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan penumpang, tetapi tetap mengutamakan aspek keselamatan.

"Dari segi keselamatan, LRT Jabodebek telah terlindungi oleh Automatic Train Protection (ATP) serta Interlocking and Zone Controller. Dengan adanya ATP, LRT Jabodebek terlindungi dari over speed dan memiliki jaminan pengereman yang andal," ungkap Anne pada Selasa (13/8/2024).


Menurut Anne, interlocking and zone controller berfungsi untuk menjamin tidak ada kesalahan dalam pembentukan rute serta mendistribusikan otorisasi kontrol operasi LRT.

Dia juga bilang, dengan GoA 3, LRT Jabodebek dibekali dengan sistem keamanan dan keakuratan jadwal perjalanan yang baik. 

Penambahan perjalanan ini, menurut Anne, akan memberikan kemudahan lebih bagi para pengguna, terutama pada jam-jam sibuk yang sering mengalami kepadatan.

Baca Juga: Jadwal Keberangkatan DAMRI Bandara Soekarno-Hatta, Lengkap dengan Tarifnya

Sebagai informasi, KAI telah melakukan uji coba penambahan 14 perjalanan LRT Jabodebek sejak 5 Agustus 2024 lalu. 

Dengan dilakukannya uji coba ini, jumlah total perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja meningkat dari 336 perjalanan menjadi 350 perjalanan.

"Jarak antar kereta (headway) juga menjadi lebih singkat, yakni 10 menit pada lintas Jatimulya - Dukuh Atas dan Harjamukti - Dukuh Atas, serta 5 menit pada lintas Cawang - Dukuh Atas. Sebelumnya, headway pada ketiga lintas tersebut saat peak hours mencapai 5,5 - 11 menit," jelas Anne.

Sejak awal diluncurkan hingga Juli 2024, LRT Jabodebek telah mengangkut 15.275.593 penumpang. Peningkatan animo masyarakat terlihat dari lonjakan jumlah penumpang dalam kurun waktu dua bulan terakhir. 

Baca Juga: Jadwal Rute Bus Damri Jakarta-Lampung Agustus 2024 dan Tarif Resmi Tiketnya

Pada Juni 2024, LRT Jabodebek mengangkut 1.736.940 orang, dan jumlah ini meningkat menjadi 2.027.272 orang pada Juli 2024. Tercatat kenaikan sebesar 16,7% atau 290.332 penumpang dalam periode tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie