LSI: Elektabilitas Pramono-Rano 41,6%, Ridwan-Suswono 37,4%, Dharma-Kun Wardhana 6,6%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis elektabilitas terkini calon gubernur-calon wakil gubernur Pilkada Jakarta.

Hasilnya, pasangan nomor urut tiga, Pramono Anung-Rano Karno unggul dengan angka 41,6% Sementara pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) 37,4%, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana 6,6%

Survei ini dilakukan pasca debat perdana cagub-cawagub Provinsi Jakarta, tepatnya pada 10-17 Oktober 2024. Populasi survei adalah warga Jakarta yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.


Baca Juga: Survei LSI: Elektabilitas Pramono-Rano Lebih Unggul dari RK-Suswono di Oktober 2024

Sampel survei ini sebanyak 1.200 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan atau margin of error +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei ini menggunakan asumsi simple random sampling.T

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan pada Oktober ini, Pramono-Rano sudah unggul meski belum signifikan karena selisihnya cuma sekitar 4%, sementara margin of error survei ini 2,9. 

"Jadi sebetulnya, secara statistik kita enggak tahu siapa yang unggul. Secara statistik Ridwan Kamil sama Pramono Anung sama-sama kuat, cuma angka absolutnya itu cenderung menunjukkan keungggulan dari Pramono Anung," ujarnya saat memaparkan survei dikuitip KONTAN dari kanal Youtube LSI, Rabu (23/10/2024).

Djayadi membandingkan tren simulasi tiga pasangan ini dengan empat survei yakni survei LSI 6-12 September, Poltracking 9-15 September, Charta Politika 19-24 September, dan survei LSI yang terbaru.

Baca Juga: Benyamin S Award: Jurus Pramono Anung-Rano Karno untuk Menjadikan Jakarta Kota Global

"Dari keempat survei itu, sama-sama menunjukkan adanya penurunan elektabilitas pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono," sebitnya.

Dari sisi polularitas, survei LSI menunjukan Rano Karno (Si Doel) merupakan calon terpopuler dengan angka 96.2%, diikuti Ridwan Kamil 94.7%, dan Pramono Anung 61.2%. Nama lain popularitasnya masih dibawah 30%.

Selanjutnya, dari calon-calon terpopuler, Rano Karno paling disukai 86.8%, Ridwan Kamil 73%, dan Pramono Anung 67.4% dari yang mengenal namanya. Alhasil, nilai rata-rata citra personal Ridwan Kamil paling tinggi, kemudian Pramono Anung, dan Dharma Pongrekun.

Adapun secara umum, dari hasil survei LSI menemukan adanya kecenderungan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono mengalami penurunan, sedangkan elektabilitas pasangan Pramono-Rano cenderung naik. Sedangkan, elektabilitas pasangan Dharma-Kun cenderung stabil.

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Akan Gelar Makan Gratis di Beberapa Warteg Tiap Jumat

Pada kondisi elektabilitas sekarang, maka potensi pilkada Jakarta untuk dua putaran menjadi besar. Namun bila tren kenaikan elektabilitas Pramono-Rano terus naik, atau bila Ridwan Kamil-Suswono dapat kembali seperti awal September maka potensi pilkada Jakarta satu putaran tetap tinggi. 

Namun hingga saat ini, bila satu putaran, maka baik Ridwan Kamil-Suswono maupun Pramono-Rano berpeluang untuk menang. Mengingat kondisi pemilih yang masih cukup banyak yang mengambang, maka potensi perubahan dukungan terhadap para pasangan calon masih cukup besar bisa terjadi.

Selanjutnya: Harmonisasi Kementerian PU dan PKP, Harus Dipimpin Pejabat Internal

Menarik Dibaca: Jadi Merek Pilihan, Danone Indonesia Raih Top Halal Award

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto