Luncurkan Produk Ayam Probiotik, Japfa Comfeed Indonesia Ekspansi ke Cirebon



KONTAN.CO.ID - CIREBON. Emiten unggas PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) kembali melakuan ekspansi dengan meluncurkan brand Olagud, sebagai produk ayam probiotik mereka. 

Dan untuk memenuhi kebutuhan pasar, pihak Japfa melakukan ekspansi dengan membangun pabrik ayam boiler atau ayam pedaging di kawasan Desa Tonjong, Pasaleman, Cirebon, Jawa Barat. 

Singgih Hujianto, Head of Health Control Commercial Poultry Division JAPFA mengungkapkan bahwa luas kandang closed house ini memiliki luas 40.000 m2 dan sudah mulai beroperasi sejak tahun 2023. 


"Di area Cirebon kita punya dua farm besar, satu lagi di Kubangdeleg, Cirebon. Suplai (ayam)-nya kita arahkan ke rumah potong terdekat, di Pemalang, kira-kira 1 jam perjalanan dari sini. Sehingga transportasi ayam tadi tidak menimbulkan bayak stres bagi ayam hingga menyebabkan susut," tambah Singgih saat ditemui Kontan dalam acara media visit ke kawasan peternakan Japfa di Cirebon, Kamis (17/07).

Kemudian, terkait teknologi, dirinya menjelaskan bahwa peternakan ayam telah dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu dan ventilasi otomatis untuk memastikan kondisi lingkungan optimal bagi ayam. 

Baca Juga: Kokok Emiten Unggas Lebih Nyaring

"Dengan adanya automatic feeder dan automatic nipple drinker, kami memastikan ayam mendapatkan asupan pakan probiotik berkualitas sesuai dengan fase pertumbuhan serta kecukupan air minum sesuai dengan yang dibutuhkannya," tambahnya. 

Fasilitas dan teknologi lainnnya mencakup automatic cooling system dan heater system serta exhaust fan yang membantu menjaga suhu ideal di dalam kandang. Terdapat pula automatic alarm system dan lighting system untuk memastikan ayam terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan. Menariknya, kandang ini juga dilengkapi dengan audio player yang memainkan musik klasik, membantu ayam lebih tenang dan terhindar dari stres.

Protokol biosekuriti berlapis juga diterapkan di seluruh area fasilitas kandang. Kendaraan yang masuk akan disanitasi, begitupun dengan karyawan dan tamu yang akan memasuki fasilitas kandang modern ini. Hal ini diterapkan secara konsisten untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan aman dikonsumsi masyarakat. 

Ditemui disaat yang sama Priscillia Angelina, Head of Marketing Olagud menyampaikan, brand Olagud telah menerapkan praktik pertanian modern yang mencerminkan komitmen kami dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi. 

"Kami juga mengutamakan penerapan biosekuriti yang menyeluruh, sehingga ayam kami terlindung dari patogen dan penyakit potensial lainnya. Didukung dengan pemeriksaan kualitas yang ketat pada setiap fasenya, kami memastikan kesejahteraan hewan dan konsistensi produk tetap terjaga," katanya. 

"Selain dilengkapi dengan fasilitas modern, ayam probiotik diberikan pakan probiotik yang dapat membantu penyerapan makanan menjadi lebih optimal," tutupnya. 

Ayam probiotik produksi Japfa ini juga telah dilengkapi dengan berbagai sertifikasi kelamanan pangan seperti sertifikat kompartemen bebas AI (Avian Influenza), sertifikat NKV, sertifikat produk halal, dan penerapan issue management mutu ISO 2200, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Food Safety System Certification (FSSC) 22000.

Saat ini, Olagud tersedia di Jabodetabek dan dapat ditemukan di berbagai supermarket seperti Meat Market, Ranch Market, Farmers, AEON, Grand Lucky, Foodhall, Lottemart, dan Market City. Selain itu, Olagud dapat dipesan secara daring melalui akun toko resmi JAPFA Food Online yang tersedia di Tokopedia, Shopee dan Blibli. 

Baca Juga: Cek Rekomendasi Teknikal ICBP, JPFA, dan ADRO untuk Rabu (17/7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati