Mahaka optimistis bisnis media masih kuat di 2018



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mahaka Group yang membawahi bisnis media dan entertainment optimistis tahun depan potensi bisnis media masih baik. Kendati tidak akan se-booming 10 tahun lalu, namun manajemen meyakini pada 2018, bisnis media masih akan bertumbuh cukup baik.

Erick Thohir, Presiden Komisaris PT Mahaka Media Tbk menyampaikan, tahun depan, masih akan ada peningkatan advertising expenditure (ADEX). Pertumbuhan ADEX diperkirakan single digit baik untuk cetak, online maupun radio.

“Saya optimistis media tahun depan masih growth, tetapi mungkin tidak seperti 10 tahun lalu ADEX-nya. Total ADEX masih tumbuh, Antv growing, radio growing. Jadi total pertumbuhan ADEX tidak seperti 10 tahun lalu yang double digit, kalau sekarang itu single digit,” ujarnya, beberapa waktu lalu.


Berkaca pada kinerja keuangan kedua anak usahanya pada kuartal III, PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra (MARI), memang terjadi pertumbuhan yang baik di bisnis radio. Kinerja MARI tumbuh 13,66% dari Rp 78,03 miliar menjadi Rp 88,69 miliar. Pendapatan terbesar didapat dari iklan radio sebelum potongan pendapatan sebesar Rp 110,03 miliar.

Sedangkan ABBA pendapatan sampai dengan kuartal III memang turun 5,35%, namun dari sisi pendapatan penyiaran televisi, event organizer dan media luar ruang justru naik signifikan.

“Sebenarnya ada miss persepsi bahwa seakan-akan kami (media) nih hilang karena digital, tetapi digital itu part of us, cuma memang tidak dihitung kumulatifnya,” lanjutnya.

Namun, Erick tak merinci target Mahaka Group tahun depan. Yang jelas, saat ini Mahaka Group memiliki beragam lini bisnis baik di sektor printing & publishing, broadcasting, online, marketing dan radio, dan masih optimis bisnisnya bertumbuh di tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini