Mahfud MD: PKB buka peluang berkoalisi



JAKARTA. Bakal calon presiden Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahfud MD mengatakan, partainya siap membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai-partai lain dalam mengusung calon presiden atau calon wakil presiden.

Kendati begitu, sampai saat ini, PKB belum mantap akan berkoalisi dengan partai lain. Mahfud bilang, pihaknya telah mencoba membangun komunikasi dengan partai-partai lain tapi jawabannya selalu setelah pemilihan umum legislatif.

"Dua sampai tiga hari setelah pileg baru bisa memastikan akan berkoalisi dengan partai mana," ujar Mahfud ketika ditemui di gedung Kompas-Gramedia, Rabu (9/4).


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengatakan PKB terbuka berpeluang berkoalisi dengan partai-partai yang perolehan suaranya lebih banyak dari PKB.

"Tapi kalau PKB berkoalisi dengan partai diluar partai yang menempati posisi teratas maka PKB akan menjadi pemimpinn," ujar Mahfud.

Namun sejauh ini, Mahfud optimis PKB sudah memegang tiket untuk mengajukan capres atau cawapres untuk pemilihan presiden nanti.

Dari hasil hitungan sementara Litbang Kompas, PKB berebut posisi ke-4 perolehan suara dengan Partai Demokrat. Kedua partai ini hanya berbeda tipis. PKB meraih 9,25% dan Demokrat 9,43%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan