Mahkamah Agung Lantik Lima Anggota BPK Periode 2024-2029



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) resmi dilantik untuk bertugas di periode 2024-2029 di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10).

Kelima anggota tersebut di antaranya Akhsanul Khaq, Bobby Adhityo Rizaldi, Budi Prijono, Daniel Lumban Tobing dan Fathan Subchi. Di mana, pengucapan sumpah ini didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 112/P Tahun 2024 tanggal 26 September 2024.

Adapun prosesi pelantikan ini dipimpin oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Sunarto.


Dilansir dari laman resmi BPK, kelima anggota BPK terpilih tersebut merupakan hasil dari proses uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh DPR dan disetui dalam rapat Paripurna pada 10 September 2024.

Baca Juga: Kabinet Gemuk, Anggaran Gaji Menteri Bisa Membengkak

Latar belakang kelima anggota BPK yang baru ini antar lain, Akhsanul Khaq sebelumnya menjabat sebagai Auditor Utama KN I BPK, dan Bobby Adhityo Rizaldi telah menjabat sebagai Anggota DPR RI selama tiga periode berturut-turut.

Sementara itu Daniel Lumban Tobing, yang kembali terpilih untuk periode kedua, sebelumnya menjabat sebagai Anggota II BPK periode 2019-2024. Budi Prijono sebelumnya adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, dan Fathan Subchi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI DPR RI.

Lebih lanjut, hadirnya kelima anggota baru ini melengkapi susunan keanggotaan BPK yang kini berjumlah sembilan orang, termasuk Isma Yatun, Nyoman Adhi Suryadnyana, Haerul Saleh, dan Slamet Edy Purnomo.

Selanjutnya: Penyelundupan 237.305 Benih Lobster Senilai Rp 23,6 Miliar Berhasil Digagalkan

Menarik Dibaca: Daerah Ini Berpotensi Hujan Ringan, Cek Prakiraan Cuaca Besok (18/10) di Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari