Makanan Terbaik untuk Menurunkan Risiko Stroke, Yogurt Termasuk lo



MOMSMONEY.ID - Stroke dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup dan makan sehat. Inilah makanan terbaik untuk menurunkan risiko stroke.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan seringkali dapat mengakibatkan kecacatan atau kematian. Untungnya, ada berbagai langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko stroke, termasuk dengan mengadopsi pola makan yang sehat.

Ada beberapa makanan tertentu yang diklaim mampu menurunkan risiko stroke. Adapun makanan tersebut sebagai berikut, bersumber dari Medical News Today:


1. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak atau tanpa lemak merupakan sumber kalsium dan protein yang baik, serta mengandung probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan usus. Konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menurunkan risiko stroke dengan menjaga tekanan darah tetap stabil dan meningkatkan keseimbangan bakteri usus.

Baca Juga: Obesitas Salah Satu Penyebab Darah Tinggi, Simak Penyebab Lainnya, yuk

2. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, makarel, dan tuna mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat membantu mengurangi risiko stroke dengan meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah.

3. Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber utama serat, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko stroke. Contohnya, buah-buahan seperti blueberry, stroberi, alpukat, dan sayuran hijau tua seperti bayam dan kale memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Baca Juga: Perbedaan Stroke Hemoragik dan Iskemik, Apa Saja?

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah, serta biji-bijian seperti chia seeds dan flaxseeds, mengandung lemak sehat, serat, dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu menurunkan risiko stroke. Makanan ini juga dapat membantu mengendalikan kolesterol dan tekanan darah.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, yang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko stroke. Mengganti minyak nabati lainnya dengan minyak zaitun dalam memasak atau salad dressing adalah langkah yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Waspada! Hindari Kebiasaan Buruk Ini karena Bisa Jadi Penyebab Stroke

6. Protein tanpa lemak

Protein tanpa lemak merupakan komponen penting dalam mencegah stroke karena dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengontrol faktor risiko lainnya seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Sumber protein tanpa lemak yang baik termasuk daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit, tahu, dan tempe. Dengan mengonsumsi protein tanpa lemak sebagai bagian dari pola makan sehat, seseorang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mengurangi risiko terjadinya stroke.

Nah, itulah beberapa makanan terbaik untuk menurunkan risiko stroke yang dapat Anda coba. Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, penting juga untuk menjaga gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, menghindari merokok, dan menjaga berat badan yang sehat. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas