Makanan Tinggi Purin Apa Saja? Ayo Cek Daftarnya di Sini!



MOMSMONEY.ID - Harus dihindari oleh penderita asam urat, sebenarnya makanan tinggi purin apa saja?

Purin adalah zat alami yang ditemukan di dalam beberapa jenis makanan. Ketika tubuh memecah purin, ia menghasilkan asam urat. Biasanya, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine.

Namun, dalam beberapa kasus, kadar asam urat dapat meningkat dan menumpuk, sehingga menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai hiperurisemia, yang dapat berujung pada masalah kesehatan seperti asam urat.


Oleh karena itu, penting bagi mereka yang rentan terhadap asam urat untuk mengetahui makanan-makanan yang tinggi kandungan purin.

Baca Juga: Dapatkan BB Ideal dengan Konsumsi Menu Diet Cepat Kurus Berikut Ini, Yuk!

Lantas, makanan tinggi purin apa saja? Melansir dari Very Well Health, inilah daftarnya:

1. Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi, domba, rusa, dan daging dari hewan liar lainnya, memiliki kandungan purin yang tinggi. Daging ini juga sering ditemukan dalam produk olahan seperti hot dog, sosis, bacon, dan daging deli.

Semakin tinggi kandungan purin dalam daging merah, semakin tinggi pula risiko peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, yang bisa memicu serangan asam urat.

2. Seafood dan Kerang

Makanan laut dan kerang seperti udang, kerang, ikan teri, sarden, dan lobster juga mengandung purin dalam jumlah besar, sehingga bisa meningkatkan kadar asam urat. Namun, tidak semua jenis seafood mengandung purin dalam jumlah yang sama.

Misalnya, kerang memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibandingkan ikan teri. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis makanan laut yang dikonsumsi dengan bijak.

Baca Juga: 7 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet, Bikin Kenyang Lebih Lama!

3. Daging Jeroan

Daging organ atau jeroan, seperti hati, ginjal, jantung, lidah, dan babat, juga tinggi purin. Untuk menjaga kadar asam urat tetap rendah, sebaiknya hindari jeroan, terutama hati ayam dan sapi. Selain itu, saus yang berbahan dasar daging juga sebaiknya dihindari.

4. Minuman Manis

Meskipun minuman manis tidak mengandung purin, gula di dalamnya, terutama fruktosa, dapat meningkatkan kadar asam urat. Gula juga memengaruhi fungsi ginjal dalam mengeluarkan asam urat, sehingga konsumsi minuman manis sebaiknya dikurangi.

Baca Juga: Mengenal Istilah Cheat Day dalam Diet, Simak Juga Tips Melakukannya

5. Alkohol

Konsumsi alkohol telah lama dikaitkan dengan peningkatan kadar asam urat dan risiko asam urat. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa alkohol tidak selalu menyebabkan peningkatan kadar asam urat secara langsung.

Meskipun demikian, bir mengandung purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat, sehingga lebih berisiko dibandingkan dengan minuman keras dan anggur.

Alkohol juga dapat mempengaruhi bagaimana tubuh membentuk kristal asam urat dan bagaimana ginjal menyaring asam urat. Batas aman konsumsi alkohol adalah satu gelas atau kurang per hari untuk wanita dan dua gelas atau kurang per hari untuk pria.

Nah, sekarang Anda sudah tahu makanan tinggi purin apa saja, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Ini Komitmen dan Usaha Nusa Halmahera Minerals dalam Mewujudkan Green Mining

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas