KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menyebut, perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) telah membawa perubahan besar dalam industri e-commerce. AI menjadi salah satu teknologi utama yang diadopsi untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto menyampaikan, saat ini para pemain e-commerce di Indonesia semakin menyadari pentingnya AI dalam operasional bisnis mereka. Kendati tingkat adopsinya masih beragam tergantung skala bisnis dan strategi perusahaan. Salah satu anggota idEA, yaitu Lazada, pernah melakukan survei bersama dengan Kantar terkait dengan adopsi penggunaan AI di Asia Tenggara. Hasilnya, kepercayaan konsumen terhadap platform berbasis AI sangat tinggi. Temuan data Kantar juga menyebut bahwa 54% konsumen belanja online di Indonesia menggunakan fitur AI untuk menciptakan rekomendasi belanja yang lebih personal atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen.
Makin Masif Digunakan, Begini Implementasi AI di Sektor E-Commerce Indonesia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menyebut, perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) telah membawa perubahan besar dalam industri e-commerce. AI menjadi salah satu teknologi utama yang diadopsi untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto menyampaikan, saat ini para pemain e-commerce di Indonesia semakin menyadari pentingnya AI dalam operasional bisnis mereka. Kendati tingkat adopsinya masih beragam tergantung skala bisnis dan strategi perusahaan. Salah satu anggota idEA, yaitu Lazada, pernah melakukan survei bersama dengan Kantar terkait dengan adopsi penggunaan AI di Asia Tenggara. Hasilnya, kepercayaan konsumen terhadap platform berbasis AI sangat tinggi. Temuan data Kantar juga menyebut bahwa 54% konsumen belanja online di Indonesia menggunakan fitur AI untuk menciptakan rekomendasi belanja yang lebih personal atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen.