Maksimalkan Kinerja pada 2024, Mitra Angkasa Sejahtera (BAUT) Siapkan Strategi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten logam bahan konstruksi khususnya mur dan baut, PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT) memaparkan sejumlah strategi dalam meningkatkan kinerja pada 2024. 

Pada tahun 2023, BAUT berhasil meningkatkan total penjualan sebesar Rp 193,29 miliar, meningkat 7% dari tahun sebelumnya sebesar Rp 180,92 miliar. 

Dengan nilai penjualan tersebut, BAUT menghasilkan laba bersih sebesar Rp 5,13 miliar, atau turun sekitar 20,35% dari sebelumnya sebesar Rp 6,44 miliar. 


Sementara itu, nilai aset BAUT tercatat naik 5% menjadi sebesar Rp 256,62 miliar, dari Rp 245,23 miliar pada 2022. Hal yang sama juga terjadi pada ekuitas

Baca Juga: Lanjutkan Ekspansi, Mitra Angkasa Sejahtera (BAUT) Akan Buka 2 Outlet Baru Tahun Ini

perseroan yang mengalami peningkatan 2% atau menjadi Rp 197,86 miliar, dari Rp 194,07 miliar pada tahun 2022.

Laba bersih tahun berjalan BAUT turun menjadi sebesar Rp 5,13 miliar pada 2023, dari sebelumnya sebesar Rp 6,44 miliar pada 2022, akibat dari berubahnya cost structure perseroan karena lebih berfokus langsung kepada end-user. 

 
BAUT Chart by TradingView

"Kami menilai keadaan ini sebagai investasi awal yang akan kembali berlipat seiring dengan meningkatnya jumlah end-user yang didapat Perseroan," ungkap Direktur Utama BAUT Simon Hendiawan, Jumat (17/5). 

Kondisi makro ekonomi Indonesia yang menunjukkan stabilitas telah mendorong pertumbuhan industri secara signifikan, termasuk kinerja perusahaan BAUT. Lebih lanjut, Pemerintah saat ini juga tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang mendukung perkembangan industri manufaktur. Akibatnya, permintaan akan mur dan baut di Indonesia terus meningkat.

Sampai saat ini, manajemen BAUT terus mengamati tren dan kondisi industri dari pengguna mur dan baut agar Perseroan dapat beradaptasi dengan tepat, sehingga kestabilan kinerja operasional dan keuangan terjaga.

Baca Juga: Optimistis, Mitra Angkasa Sejahtera (BAUT) Incar Pendapatan Naik 45% di 2023

Selama tahun 2023, BAUT telah menjalankan empat strategi utama yang berorientasi pada kepentingan user (User Centricity) melalui penerapan berbagai kebijakan untuk menjadi perusahaan terbaik dalam bidang mur-dan-baut (best-in-class organization) dengan berfokus pada sistem distribusi yang berorientasi pada kepentingan dan kebutuhan user (user-centric distribution), sambil berusaha melakukan digitalisasi di berbagai aspek operasional.

Simon Hendiawan mengungkapkan dalam upaya peningkatan kinerja, BAUT telah membuka outlet baru di Surabaya, Jawa Timur, pada tahun 2023. Ke depannya, BAUT melebarkan ekspansi/pembukaan outlet baru di Solo, Jawa Tengah dan Buntaran, Jawa Timur.

Sejumlah proyek yang dijalankan BAUT hingga saat ini di antaranya pembangunan Stadion Dirmuthala PON Aceh, Stadion Harapan Bangsa PON Aceh, Pakuwon Bekasi, Stadion Kanjuruhan Malang, Bandar Udara, hingga proyek Smelter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli