Maksimalkan Mega Sales 2024, TikTok Perkenalkan 4 Persona Konsumen Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TikTok Indonesia mengungkapkan bahwa 90% pengguna platformnya telah berbelanja selama periode Mega Sales 2023, yang meliputi momen penjualan angka kembar seperti 10.10, 11.11, dan 12.12.

Berdasarkan riset terbaru dari Kantar Profile bersama TikTok, setengah dari konsumen TikTok di Indonesia diperkirakan akan kembali berbelanja pada Mega Sales tahun ini.

Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia menjelaskan bahwa untuk memaksimalkan kampanye selama Mega Sales 2024, TikTok telah memperkenalkan beberapa persona konsumen berdasarkan perilaku dan kebiasaan mereka saat menikmati konten di TikTok.


Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Login dan Buka Aplikasi

"Hal ini dilakukan agar brand dapat menciptakan konten video yang relevan sesuai dengan setiap persona tersebut. Keempat persona tersebut di antaranya adalah Bargain Hunters (pemburu diskon), Inspirational Hunters (pencari inspirasi), Effortless Shoppers (pembeli praktis), dan Purposeful Shoppers (pembeli berdasarkan tujuan)," jelas Sitaresti dalam acara Media Briefing TikTok Mega Sales 2024, Rabu (18/9).

Ia menambahkan, kelompok Bargain Hunters adalah mereka yang sering membandingkan harga secara hati-hati, membaca ulasan, dan mencari voucher atau diskon untuk mendapatkan nilai maksimal.

Sedangkan Inspirational Hunters adalah konsumen yang selalu mengadopsi tren terbaru dan sering mengeksplorasi produk serta brand baru.

Sementara itu, Effortless Shoppers lebih mengutamakan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja, lebih memilih belanja online untuk mendapatkan berbagai produk dari rumah.

Kelompok Purposeful Shoppers adalah konsumen yang sangat memperhatikan nilai-nilai seperti kualitas, reputasi brand, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial sebelum membuat keputusan pembelian.

Baca Juga: TikTok Sedang Bertarung di Pengadilan AS, Kemungkinan Besar akan Kalah

Yolanda Tuasela, E-Commerce Assistant Manager dari Herborist, mengungkapkan keberhasilan Herborist dalam memanfaatkan momen Mega Sales.

"Kami telah berhasil meningkatkan penjualan sebesar 3,8% dengan biaya iklan yang lebih rendah selama Ramadan kemarin," ungkapnya.

Selain itu, Hanssen Benjamin, salah satu kreator TikTok, menjelaskan bagaimana ekosistem kreatif TikTok membantu brand menciptakan konten iklan yang inovatif dan menghibur.

"Dengan fitur seperti Creator Search Insight, TikTok Creative Center, dan menggunakan aplikasi CapCut, kita bisa menciptakan konten yang inovatif dan menghibur," ujarnya.

Dengan pendekatan yang tepat dan kolaborasi dengan kreator, TikTok siap membantu brand untuk memaksimalkan potensi penjualan selama Mega Sales 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto