Malam ini, HIPMI bakal punya ketua baru



BANDUNG. Pemilihan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Musyawarah Nasional ke-XV, bakal berlangsung malam ini, Selasa (13/01). Tiga orang calon kandidat akan bertarung untuk memperebutkan kursi ketua untuk tiga tahun ke depan.

Perang dukungan antara Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI se-Indonesia pun makin memanas. Ketua BPD HIPMI Banten, Ade Siswanto yang sejak awal mendukung kandidat Bahlil Lahadalia, berani mengklaim bahwa calon ketua umumnya akan menang satu putaran di Munas Bandung.

“Situasi kompetisinya memang makin memanas. Meskipun suasananya sangat cair. Dan kami prediksi Bang Bahlil akan menang satu putaran. Dari rekomendasi kemarin saja banyak sekali yang langsung memberikan rekomendasi tunggal untuk Caketum nomor urut 3 (Bahlil),” tutur Ade.


Hal senada juga diungkapkan oleh Sementara Ketua BPD HIPMI Sumatera Utara, Akbar Himawan Buchari. Ditegaskanya, persaingan di Munas untuk wilayah Sumatera sudah menjadi milik Bahlil Lahadalia.“Saya yakin Sumatera solid dukung Bahlil, satu putaran itu sangat mungkin terjadi,” kata Akbar.

Akbar juga mengakui, sampai saat ini, dukungan BPD Sumatera masih tetap solid untuk terus memenangkan kandidat nomer urut 3. Meskipun diakuinya beberapa kandidat lain juga masih tetap melakukan komunikasi agar ada perubahan dukungan. “Ya wajar saja dalam situasi suksesi. Ada saling lobi, saling mempengaruhi, tapi kita tetep solid di Bahlil,” tandasnya.

Untuk kawasan Indonesia Timur sendiri, Ketua HIPMI Sulawesi Selatan, H Amirullah Abbas, menyatakan dukungannya kepada Bahlil juga karena persoalan semangat membangun daerah yang sama.

"Saya tumbuh di daerah, persoalan daerah yang harus kita kejar ketertinggalannya. Untuk mengatasi masalah perekonomian di daerah kita serahkan ke kandidat yang tumbuh dan besar di daerah juga yaitu Bang Bahlil. Suara Sulsel akan solid untuk Bang Bahlil," kata Direktur PT Andatu Lestari tersebut.

Munas HIPMI kali ini menghadirkan tiga calon ketua umum yakni Bahlil Lahadalia, Bayu Priawan dan Andhika Anindyaguna.  Dalam e-poling yang dilakukan oleh panitia Munas HIPMI lewat aplikasi yang diciptakannya, nama Bahlil Lahadalia mengantongi 2025 suara, Bayu 975 suara, dan Andhika mengumpulkan suara paling sedikit yakni 671 suara. Total poling yang terkumpul 3671 suara. (Rachmat Hidayat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto