Mall Panakukang Menggunakan PLTS Atap dari Solar Radiance dan D'Best Group



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis keberlanjutan menjadi fokus banyak pihak. Terbaru, PT Masdar Mitra Solar Radiance (MMSR) atau Solar Radiance, salah satu anak perusahaan Abu Dhabi Future Energy Company PJSC - Masdar dan PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP)  meresmikan PLTS Atap di salah satu Mall Panakkukang, Sulawesi Selatan. Salah satu perbelanjaan terbesar di wilayah Indonesia Timur ini merupoakan salah satu anak usaha D’Best Group.

“Mall Panakkukang akan berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon dan menjadi salah satu icon penggerak energi terbarukan di Makassar.” ucap Direktur Operasional MMSR, Hans Kartika Putra, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (25/10). 

Pemerintah terus mendorong pemanfaatan energi surya secara masif. Targetnya bauran energi nasional sebesar 19.49% pada tahun 2024 dan mencapai 23% pada tahun 2025.


Proyek PLTS Atap Mall Panakkukang, Makassar ini sudah dilakukan pembangunan sejak bulan Juli 2024 dan rencananya akan beroperasi pada pertengahan bulan November 2024 dengan target kapasitas sebesar 1.24 MWp.

Baca Juga: Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan PLTS Tetap Utamakan Gunakan Produk Lokal

Selama jangka waktu kerjasama, PLTS Atap Mall Panakkukang ditargetkan dapat menghasilkan 1.700 MWh per tahun tahun yang diproyeksikan mengurangi emisi CO2 sebesar 22.501 metrik ton. Jumlah ini setara dengan penanaman 577.000 pohon atau perjalanan mobil sejauh 102 juta kilometer.

“Solar Radiance akan bersama merealisasikan road map D'Best group untuk energi hijau terbarukan dari tahap pertama ini 1.700 MWh menuju target 15.000 MWh di tahun 2026 atau setara dengan 170.000 pohon yang berumur 10 tahun dalam menyerap karbon per tahun.” ujar Direktur Business Development  D’Best Group, Soegianto.

Presiden Komisaris MMSR & President Director MBAP Khoirudin berharap,  kerjasama dan sinergi seperti ini bisa terus terjalin dan meningkat lagi ke  depan, sehingga dapat bersama-sama memberikan kontribusi terhadap pengurangan emisi karbon di Indonesia. "Kami berharap pertumbuhan ekonomi dan pemanfaatan energi berkelanjutan dapat berjalan selaras dan tentunya dalam operasional bisnis,” kata Khoirudin.   

Selanjutnya: Barito Renewables Energy (BREN) Kucurkan Capex Rp 2,5 Triliun hingga Akhir 2024

Menarik Dibaca: Tips Sukses Bikin Bunga Anggrek Mekar Beserta Perawatan yang Mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian