Mampu Meningkatkan Imunitas, Simak 5 Jenis Teh Beserta Manfaatnya



KONTAN.CO.ID - Teh mempunyai berbagai jenis, rasa dan bahan dasar yang berbeda-beda. Selain itu, teh juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan yang juga beragam. 

Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis teh tertentu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya antioksidan. 

Melansir dari Everyday Health, antioksidan yang terkandung dalam teh herbal dapat meningkatkan imunitas dengan mencegah influenza. 

Baca Juga: Mampu Menjaga Sistem Pencernaan, Simak 6 Manfaat Mengkonsumsi Kol

Selain itu ada beberapa jenis teh lain yang mempunyai banyak manfaat serupa yang menarik untuk diketahui, di antaranya seperti: 

Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang mengandung banyak manfaat, di antaranya dapat meningkatkan imunitas tubuh jika dikonsumsi secara rutin. 

Dilansir dari Everyday Health, Teh hijau yang lembut dan pahit merupakan sumber yang kaya akan katekin. Katekin adalah polifenol yang memiliki manfaat positif secara keseluruhan untuk kesehatan dan merupakan antioksidan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Teh Kunyit

Jenis teh selanjutnya adalah teh kunyit. Ternyata kunyit yang identik dengan bumbu kuning jingga yang memberi warna pada kari, juga bisa bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda saat dinikmati dalam teh. 

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi peradangan dan mengandung antioksidan tingkat tinggi yang keduanya mendukung fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Teh Hitam

Salah satu jenis teh yang gelap dan berani ini mendapatkan warna gelapnya dari sekelompok polifenol yang dikenal sebagai theaflavin. Sama halnya dengan jenis-jenis teh lain, teh hitam juga mengandung antioksidan yang bermanfaat pada sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi.

Baca Juga: Ampuh! Begini 4 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Teh Putih

Teh putih adalah salah satu jenis teh yang paling ringan dan beraroma paling lembut serta banyak dijual di pasaran. Seperti sepupunya yang hijau, teh putih menawarkan katekin tingkat tinggi. 

Melansir dari Everyday Health, penelitian menunjukkan teh putih memiliki manfaat antioksidan yang mirip dengan teh hijau, meskipun potensi antioksidan teh hijau masih lebih besar.

Teh Jahe

Jenis teh yang mempunyai manfaat selanjutnya yaitu teh jahe. Sebagai kerabat dekat kunyit, jahe juga menawarkan manfaat kesehatan kekebalan tubuh saat diseruput dalam secangkir teh.

Gingerol adalah senyawa aktif utama yang bertanggung jawab atas khasiat obat jahe. Gingerol tidak hanya menawarkan efek antioksidan dan antiinflamasi, tetapi juga dapat mengobati infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News