Manchester United Pertimbangkan Xavi Sebagai Pengganti Erik ten Hag



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manchester United dikabarkan tengah mempertimbangkan mantan pelatih Barcelona, Xavi, sebagai salah satu calon pengganti Erik ten Hag jika klub memutuskan untuk memecat manajer asal Belanda tersebut.

Menurut laporan dari Daily Mail, kontak dengan Xavi telah dilakukan dua kali dalam beberapa bulan terakhir, saat manajemen Old Trafford menimbang masa depan Ten Hag setelah awal musim yang buruk.

Kontak dengan Xavi dan Pertemuan di Barcelona

Kabar tersebut muncul setelah empat petinggi Manchester United, yang dipimpin oleh Omar Berrada selaku CEO, melakukan perjalanan ke Barcelona pada Kamis lalu.


Namun, sumber-sumber dari United menegaskan bahwa sejumlah pertemuan penting memang terjadi di kota tersebut karena Sir Jim Ratcliffe, salah satu pemilik klub, berada di sana untuk mendukung tim Ineos Britannia dalam persaingannya di America’s Cup.

Baca Juga: Rumor Zinedine Zidane Merapat ke Manchester United Kian Kencang

Xavi, yang telah meninggalkan Barcelona sejak musim panas lalu setelah membawa klub meraih gelar La Liga, menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan.

Pengaruh Pep Guardiola, yang merupakan mantan pelatih Xavi di Barcelona, masih terlihat kuat dalam gaya kepelatihannya, dan hal ini menambah daya tariknya di mata petinggi United. Xavi diyakini memiliki waktu cukup untuk merenungkan kepergiannya dari Barcelona dan mungkin tertarik untuk menghadapi tantangan baru di Inggris.

Kondisi Erik ten Hag di Manchester United

Sementara itu, Erik ten Hag selamat dari evaluasi musim panas mengenai pekerjaannya, meskipun timnya mengawali musim Premier League dengan performa yang mengecewakan. Manchester United berada di paruh bawah klasemen, dengan banyak masalah yang terjadi musim lalu masih terlihat jelas.

Setelah mengalami musim terburuk dalam sejarah mereka di Premier League, sedikit sekali perbaikan yang tampak di awal musim ini. Meski mereka berhasil meraih kemenangan ketiga musim ini melawan Brentford pada Sabtu lalu, kekalahan memalukan dari Liverpool dan Tottenham di kandang menambah tekanan pada posisi Ten Hag.

Baca Juga: Pacar Rihanna, A$AP Rocky Tertarik Beli Klub Sepak Bola Inggris Seharga Rp 300 Miliar

Alternatif Lain: Ruben Amorim dan Edin Terzic

Pilihan untuk mengganti Ten Hag semakin terbatas setelah Thomas Tuchel, yang sebelumnya dipertimbangkan sebagai kandidat potensial, dipilih oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris sebagai pelatih timnas Inggris. Dengan tersingkirnya Tuchel dari bursa pelatih, opsi untuk United semakin menyempit.

Nama-nama lain yang juga dipertimbangkan adalah pelatih Sporting Lisbon, Ruben Amorim, dan mantan pelatih Borussia Dortmund, Edin Terzic. Meski begitu, Amorim lebih sering disebut sebagai kandidat untuk menggantikan Pep Guardiola di Manchester City, yang diperkirakan akan segera meninggalkan posisinya.

Manchester United berada dalam posisi yang sulit, dengan keinginan mempertahankan Ten Hag tetapi tekanan dari hasil yang mengecewakan membuat mereka harus memikirkan langkah selanjutnya.

Peluang untuk mengamankan tanda tangan Xavi, dengan pengalaman dan prestasinya di La Liga, bisa menjadi jawaban untuk membangkitkan kembali performa Setan Merah di pentas domestik maupun Eropa.

Selanjutnya: Ungkap Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes, Bantu Turunkan Gula Darah

Menarik Dibaca: Ungkap Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes, Bantu Turunkan Gula Darah

Editor: Handoyo .