Mandala Multifinance terbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I capai Rp 500 miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Mandala Multifinance Tahap I Tahun 2020 dengan nilai pokok Rp 500 miliar. 

Ini merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) IV dengan target dana yang dihimpun mencapai Rp 1,5 triliun.

Berdasarkan prospektus MFIN yang dirilis Jumat (12/6), sebagian atau sekitar Rp 271 miliar dari dana hasil penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk melunasi pokok dari Obligasi Berkelanjutan III Mandala Multifinance Tahap II Tahun 2019 Seri A yang jatuh tempo pada 9 Juli mendatang. 

Baca Juga: Tak kondusif dan ekonomis Mandala Multifinance (MFIN) hentikan penerbitan obligasi

Sementara sisanya akan dimanfaatkan sebagai modal kerja, khususnya untuk pembiayaan multiguna.

Lebih lanjut, obligasi kali ini akan diterbitkan dalam dua seri. Seri A akan memiliki tenor 370 hari. Sedangkan Seri B bakal memiliki jangka waktu tiga tahun. Masing-masing jumlah pokok dan bunganya akan diumumkan kemudian.

Yang jelas, bunga ini akan dibayarkan tiap tiga bulan sekali. Pembayaran bunga pertama jatuh pada 6 Oktober 2020.

Masa penawaran obligasi tersebut akan berlangsung pada 12-19 Juni 2020. Mandala Multifinance memperkirakan bakal memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 25 Juni 2020.

Rencananya, penawaran umum berlangsung pada 29 Juni-1 Juli 2020. Kemudian, tanggal penjatahan di 2 Juli 2020 dan distribusi secara elektronik pada 6  Juli 2020. Selanjutnya, obligasi ini akan resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 Juli 2020.

Baca Juga: Leasing sudah setujui restrukturisasi pembiayaan Rp 28,13 triliun akibat Covid-19

Mandala Multifinance menunjuk Sucor Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sebagai wali amanat. Surat utang ini memperoleh peringkat Single A (idA) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Obligasi tersebut dijamin dengan jaminan fidusia berupa piutang pembayaran konsumen setiap saat sekurang-kurangnya 60% dari pokok obligasi. Mandala Multifinance akan menandatangani akta jaminan fidusia maksimal 30 hari kalender sejak tanggal emisi.

Apabila nilai jaminan fidusia kurang dari yang dipersyaratkan, maka Mandala Multifinance wajib menyetor uang tunai yang ditempatkan pada rekening penampung yang ditunjuk sehingga jaminan setiap saat setidaknya 60% dari pokok obligasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari