Mandom memilih fokus produk lama



KONTAN.CO.ID - Portofolio produk PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) hingga Agustus ini tak bertambah banyak. Produsen minyak rambut Gatsby tersebut memang memutuskan jumlah produk baru yang dirilis tahun 2017 tak akan sebanyak tahun 2016.

Alih-alih merilis banyak produk, Mandom memilih fokus memacu penjualan produk lawas. "Kami fokus pada produk-produk lama yang saat ini penjualannya sedang bagus," ujar Alia Dewi, Sekretaris Perusahaan PT Mandom Indonesia Tbk, saat dihubungi KONTAN, Senin (14/8).

Adapun pada semester II 2017 ini, Mandom menjadwalkan penambahan enam warna baru produk Pixy Lip Cream. Dengan begitu, Pixy Lip Cream akan memiliki total sekitar 12 warna.


Produk Gatsby juga menjadi objek penambahan varian pada semester II 2017. Hanya saja, manajemen Mandom tak membeberkan detail rencana varian baru itu.

Yang terang, tahun ini Mandom berharap mencatatkan pertumbuhan penjualan 10%. Mengacu pada pencapaian penjualan tahun lalu sebesar Rp 2,53 triliun, berarti target penjualan tahun 2017 adalah Rp 2,78 triliun.

Hingga semester I 2017, Mandom mencetak penjualan Rp 1,37 triliun. Nilai penjualan itu 9,6% lebih tinggi ketimbang semester I 2016 yang tercatat Rp 1,25 triliun. Kategori produk perawatan rambut mencatatkan penjualan Rp 621,07 miliar atau setara dengan kontribusi 45,43% terhadap total penjualan. Kontribusi selebihnya berasal dari produk perawatan kulit dan rias, wangi-wangian serta lain-lain.

Mandom menjajakan produk di dalam negeri dan luar negeri. Komposisinya yakni 76% penjualan domestik dan 24% penjualan ekspor. Tujuan ekspor mereka seperti Uni Emirat Arab, Jepang, Malaysia, Thailand, Filipina, India, Singapura, Korea, Vietnam, China dan Hong Kong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie