Manfaat Air Oatmeal untuk Tanaman Hias, Ampuh Bikin Subur



MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang mengetahui kalau air oatmeal sangat bermanfaat bagi tanaman. Ya, ada beberapa manfaat air oatmeal untuk tanaman hias. 

Mengutip Balcony Garden Web, air oatmel dapat menyuburkan tanah. Saat ini, air oat mungkin tidak seefektif pupuk komersial, tapi jelas meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Air oatmeal pada dasarnya adalah air supercharged untuk tanaman Anda dan terbuat dari oat! Itu dibuat dengan merendam oat dalam air selama beberapa waktu, sehingga ekstraksi nutrisi dari oat meresap ke dalam air. 


Ini termasuk Kalium (hingga 0,3%), Fosfor (hingga 0,05%), dan unsur tumbuhan lainnya seperti Kalsium, Magnesium, Besi, Seng, Boron, dan beberapa Vitamin.

Saat Anda merendamnya dalam air dalam waktu lama, semua ini perlahan-lahan dilepaskan ke dalam air, memperkayanya (kecuali serat larutnya.) Anda dapat menggunakan air yang diperkaya ini untuk tanaman Anda dan mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Gula untuk Tanaman Hias, Punya Khasiat yang Menakjubkan

Air oatmeal sangat bagus untuk tanaman, namun oat juga memiliki serat larut yang bermanfaat. 

Jadi, ada dua cara: Oleskan air oat saja atau campurkan juga sedikit air oat yang sudah direndam ke dalam tanah, namun menambahkan air ini dapat menarik hama seperti semut dan hewan pengerat. 

Serat larut dalam oat akan memecah dan memperbaiki struktur tanah, bertindak seperti spons kecil, menyerap dan menahan air oat.

Serat larut sangat berguna di sini karena setiap kali tanah mengering, spons kecil ini akan melepaskan simpanan air oat kaya nutrisi ke akar tanaman, menjaganya tetap terhidrasi lebih lama di antara penyiraman.

Baca Juga: 8 Manfaat Air Plant, Tanaman yang Punya Banyak Khasiat yang Tidak Diketahui

Cara menggunakan air oatmeal pada tanaman hias

- Dalam sebuah wadah, campurkan 1 cangkir oat dengan 2 liter air. Ambil oat mentah (memiliki lebih banyak nutrisi).

- Anda bisa merendam oat dalam air semalaman—sekitar 12-24 jam, tetapi menyimpannya selama 3-4 hari akan mengekstrak lebih banyak nutrisi. Ditambah lagi, perendaman lebih banyak akan meningkatkan mikroba menguntungkan akibat fermentasi.

- Setelah direndam, saring air ini. Setelah Anda memisahkan semua padatan dari cairannya, ambil 1-2 genggam oat yang sudah direndam dan campurkan ke dalam air oat yang Anda miliki (jika Anda ingin menambahkan oat ke dalam tanah juga). Sisanya yang sudah disaring bisa dimasukkan ke tempat sampah kompos agar tidak terbuang percuma.

Sekarang setelah Anda siap, yang harus Anda lakukan hanyalah mengaplikasikannya pada tanaman Anda. 

Anda bisa menggunakan air oat langsung pada tanaman Anda seperti air biasa. Gunakan kaleng penyiram atau tuangkan perlahan ke sekeliling pangkal tanaman. Untuk mendapatkan hasil, lakukan terus setiap dua minggu sekali.

Baca Juga: Cek 8 Minuman yang Punya Khasiat Ampuh untuk Kesehatan

Tips menggunakan air oatmeal untuk tanaman hias

1. Jika air oat tampak sangat keruh, Anda bisa mengencerkannya dengan air sebelum digunakan pada tanaman. Rasio 1:1 adalah titik awal yang baik.

2. Jangan gunakan oat matang atau oat beraroma. Hal ini tidak akan memberikan manfaat yang sama dan mungkin menarik hama yang tidak diinginkan. Anda juga bisa mencoba air pasta dan air beras – keduanya sangat bermanfaat bagi tanaman. 

Itulah manfaat air oatmeal untuk tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk merawat tanaman di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria