Manfaat Buah Plum untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Ketahui Faktanya!



MOMSMONEY.ID - Buah plum sering kali luput dari perhatian banyak orang yang sedang menjalankan diet. Namun, siapa sangka jika buah yang satu ini memiliki segudang manfaat, terutama manfaatnya menurunkan berat badan. MomsMoney akan mengulas fakta terkait manfaat buah plum untuk diet menurunkan berat badan pada kesempatan kali ini.

Manfaat Buah Plum untuk Diet

Dilansir dari Medical News Today, plum memiliki kandungan lemak yang rendah. Ini menjadikannya pilihan cemilan yang ideal bagi Anda yang berusaha menurunkan berat badan.


Riset menunjukkan bahwa mengonsumsi plum bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebih.

Selain itu, plum berperan dalam meningkatkan populasi bakteri baik di usus, yang esensial untuk penyerapan nutrisi yang efektif dan eliminasi racun.

Dikutip dari laman Medicine Net, dalam 165 gram plum hanya terkandung 75,9 kalori dan serat sebanyak 2,31 gram. Buah ini juga mengandung air yang cukup tinggi.

Konsumsi buah plum membantu menahan rasa lapar lebih lama, mengendalikan keinginan makan, dan mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Ini

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Lainnya

Itulah manfaat buah plum untuk diet menurunkan berat badan. Tak hanya sampai di situ, rupanya ada sejumlah manfaat kesehatan lainnya dari buah ini, lho. Berikut ini telah MomsMoney rangkumkan untuk Anda:

1. Menyehatkan jantung

Plum kaya akan fitokimia seperti polifenol dan antosianin yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan ini menjaga otot jantung tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

2. Meningkatkan imunitas

Kandungan antioksidan, termasuk antosianin dan vitamin C dalam plum, berperan penting dalam meningkatkan imunitas dan melawan infeksi.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

3. Menyehatkan otak

Flavonoid yang terdapat dalam plum membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko stroke. Kandungan tersebut juga melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, yang bisa memperbaiki fungsi otak.

4. Mengatur tekanan darah

Tinggi kalium dan rendah natrium serta kolesterol, plum juga mengandung flavonoid dan antosianin yang mendukung kesehatan pembuluh darah, membantu mengatur tekanan darah dan kolesterol, dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Baca Juga: Pejuang Diet Harus Tahu! Inilah Menu Diet Malam Hari yang Dapat Dicoba

5. Menyehatkan tulang

Vitamin K, C, dan kalium dalam plum membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan mulut

Plum kaya akan serat, air, fluorida, dan vitamin C, yang mendukung kesehatan gigi dan gusi serta membantu melawan bau mulut.

Baca Juga: Bongkar 9 Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

7. Menyehatkan mata

Antioksidan seperti vitamin A dalam plum mendukung penglihatan yang lebih baik dan bisa mengurangi risiko gangguan mata seperti katarak.

8. Anti-Inflamasi

Kandungan antioksidan tinggi dalam plum membantu mengurangi peradangan, yang terkait dengan penyakit kronis seperti kanker, Alzheimer, dan radang sendi.

Baca Juga: Bantu Turunkan Kolesterol, Intip Khasiat Pare untuk Kesehatan di Sini

9. Menyehatkan usus

Tingginya kandungan serat dalam plum mendukung pencernaan yang sehat dengan memfasilitasi buang air besar secara teratur dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare, sehingga mengonsumsi plum dalam jumlah moderat sangat dianjurkan.

10. Mengontrol gula darah

Plum memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah dan memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

Ini menjadikan plum pilihan cemilan yang ideal untuk penderita diabetes atau mereka yang ingin mempertahankan kadar gula darah yang stabil.

Baca Juga: Alasan Tidak Boleh Minum Teh Setelah Makan, Bisa Sebabkan Hal Ini

Demikianlah ulasan lengkap terkait manfaat buah plum untuk diet serta beberapa manfaat kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas