Manfaat Memindahkan Tanaman Hias ke Luar Ruangan saat Musim Panas



MOMSMONEY.ID - Membiarkan tanaman hias berada di luar ruangan ternyata memiliki manfaat dan khasiatnya. Artikel ini akan membahas manfaat memindahkan tanaman hias ke luar ruangan saat musim panas. 

Ketika suhu musim panas telah tiba, memindahkan tanaman hias Anda ke luar ruangan memiliki manfaat yang nyata. Tanaman akan menyukainya, dan Anda bahkan mungkin mendapati bahwa perawatan yang Anda lakukan lebih sedikit. 

Matahari, air, hujan dan angin adalah campuran yang dapat menjaga tanaman hias tetap sehat jika Anda melakukannya dengan benar. 


Baca Juga: Tanaman Hias untuk Menjaga Rumah Tetap Sejuk Selama Musim Panas

Sama seperti banyak makhluk hidup lainnya, udara segar, kehangatan, dan sinar matahari di musim panas merupakan penyebab percepatan pertumbuhan. 

Dengan memindahkan tanaman hias ke luar ruangan selama waktu ini, mereka dapat memanfaatkan hari-hari yang panjang dan dipenuhi sinar matahari serta angin sepoi-sepoi yang mendorong pertumbuhan baru.

Bahkan, langkah penting dalam mengaklimatisasi tanaman Anda, seperti yang akan Anda baca lebih lanjut, dapat memperkuat akar dan dinding selnya. 

Jika Anda tinggal di daerah lembap, kelembapan ekstra yang diperoleh tanaman dari udara dapat memberikan dorongan. Di dalam ruangan, AC menghilangkan banyak air dari udara. 

Menempatkan tanaman hias di luar ruangan di tengah hujan dapat membantu mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk merawat tanaman dan memaparkannya pada nutrisi tambahan yang ditemukan dalam air hujan.

Menempatkan tanaman di teras juga memudahkan Anda menyiramnya dengan cepat menggunakan selang selama musim kering. 

Baca Juga: Ingin Menanam Tanaman Hias di Ruang Tamu? Ini Ragam Tanaman yang Cocok

Hujan dan angin juga dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan daun tanaman Anda. Debu dan kotoran menumpuk di daun tanaman hias saat mereka tinggal di dalam ruangan. 

Pancuran air dari atas dan aliran udara yang sejuk membuat tanaman terendam. Menghilangkan penumpukan dari daun tanaman memungkinkan tanaman berfotosintesis lebih mudah, sehingga membantu mereka melawan penyakit. 

Namun, Anda perlu mengetahui beberapa hal saat memindahkan tanaman hias ke luar ruangan. 

Suhu, kelembapan, dan cahaya adalah tiga faktor terbesar yang perlu dipertimbangkan sebelum membawa tanaman hias Anda ke alam terbuka.

Tanaman hias terbiasa dengan suhu yang konsisten; untuk berkembang di luar ruangan, mereka perlu menyesuaikan diri.

Saat mencari tempat di luar ruangan untuk setiap tanaman, ketahuilah bahwa banyak tanaman hias yang berasal dari hutan tropis yang rindang dan tidak akan tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh. 

Baca Juga: Tanaman Hias Kedinginan di Musim Hujan, Begini Cara Merawat Tanaman agar Hangat

Lihatlah petunjuk perawatan khusus tanaman Anda untuk mengetahui kebutuhan sinar matahari mereka.

Nah, begitulah informasi mengenai manfaat memindahkan tanaman hias ke luar ruangan saat musim panas tiba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria