MAPA Awali 2023 dengan Hasil Kuartal 1 yang Kuat



KONTAN.CO.ID - PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids, dan leisure, hari ini mengumumkan pencapaian kinerja Q1 2023.

Pendapatan bersih untuk Q1 2023 tercatat sebesar Rp2,7 triliun, meningkat 42,1% dari Rp1,9 triliun di tahun 2022. Margin laba kotor naik sebesar 360 bps dari tahun sebelumnya menjadi 49,2% dari 45,6%. Laba usaha melonjak 58,3% menjadi Rp367 miliar dari Rp232 miliar, EBITDA naik dari Rp387 miliar menjadi Rp549 miliar; sementara laba bersih meningkat 62,1% menjadi Rp276 miliar dari Rp170 miliar pada Q1 2022.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyampaikan, “Dengan hasil yang solid di tahun 2022, kami memulai dengan awal yang mengesankan untuk Q1 2023.


Kondisi pasar yang membaik setelah pencabutan kebijakan PPKM di akhir tahun 2022 mendorong tingginya permintaan pelanggan terhadap brand kelas dunia kami, sehingga mendukung pertumbuhan di seluruh kanal, kategori, dan pasar. Untuk menghadapi periode Lebaran, kami mempersiapkan inventory dalam mengantisipasi meningkatnya penjualan.”

"Sebagai upaya untuk dapat menghadirkan brand dan layanan pelanggan yang lebih baik, kami senantiasa meluncurkan gerai-gerai baru. Sejalan dengan visi Perusahaan untuk menghadirkan brand dan layanan terbaik di kawasan ASEAN, kami telah membuka gerai Foot Locker kedua kami di Cebu (Filipina) pada kuartal pertama ini, " ungkap Ratih menegaskan.

MAPA menyadari pentingnya ritel omni-channel dan melanjutkan investasi dalam platform terintegrasi yang mencakup semua jalur distribusi. Penjualan dari kanal digital tumbuh 17,2% YoY, berkontribusi sebesar 9,1% dari total penjualan pada Q1 2023.

Kami tetap berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi dan inovasi baru sehingga meningkatkan pengalaman belanja pelanggan, menciptakan nilai, serta mendukung pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

Ketahanan perusahaan, target market, dan portofolio brand kami yang beragam berperan penting dalam berkembangnya MAPA – membantu pertumbuhan yang solid di tengah lingkungan yang penuh ketidakpastian.

Di masa yang akan datang, MAPA akan mempercepat strategi ‘Regional Brand Commerce’, bekerja sama dengan brand eksklusif perusahaan dan mitra pilihan untuk mendorong penjualan melalui jaringan ritel omni-channel kami. Selain itu, MAPA akan terus menyempurnakan sistem data analytics untuk memberikan merchandise mix yang lebih baik.

Ratih menyimpulkan, “Pandemi membawa banyak tantangan, tetapi kami telah merespon dengan banyak peningkatan pada model Perusahaan, sehingga memperkuat fondasi dan memposisikan MAPA untuk pertumbuhan di masa mendatang.

Walaupun masih terdapat kehawatiran tentang tingkat inflasi dan volatilitas pasar ke depannya, kami akan tetap waspada terhadap hambatan ini dan akan tetap berhati-hati demi mencapai hasil terbaik untuk para karyawan, pelanggan dan pemegang saham.”

Tentang PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA)

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) adalah entitas ‘brand commerce’ yang mengelola dan memasarkan brand internasional di Indonesia. Anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), MAPA mengelola lebih dari 40 brand eksklusif di lebih dari 1.300 gerai dan 11 situs online.

Tiga segmen bisnis utama perusahaan adalah produk Sports, Leisure footwear dan Kids, yang dijual melalui format gerai multi-brand, mono-brand yang dimiliki langsung oleh MAPA, termasuk PlanetSports.Asia, Sports Station, Golf House, dan Kidz Station. Di tahun 2018, perusahaan mengakuisisi Astec, brand bulu tangkis, fitness dan aktivitas leisure terkemuka di tingkat regional, yang didirikan oleh Alan Budikusuma dan Susy Susanti, peraih medali emas Olimpiade.

Baca Juga: Pendapatan dan Laba Map Aktif (MAPA) Melonjak Puluhan Persen di Kuartal I-2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti