Marak Kasus Dana Hilang di Rekening, Ini Tips Dari LPS



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus dana hilang di rekening nasabah beberapa kali terdengar dalam waktu terakhir ini. Di mana, nasabah mengaku dananya hilang di dalam rekening tanpa adanya transaksi apapun.

Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Lana Soelistianingsih menyadari selama ini memang banyak nasabah yang mengirim laporan terkait kehilangan dana tersebut pada LPS.

“Sementara, bank-nya masih inilah ya berargumen,” ujar Lana, Senin (11/9).


Lana pun mengungkapkan ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh nasabah untuk mencegah kehilangan dana tersebut. Paling utama, nasabah perlu mencetak atau menyimpan tangkapan layar dari histori rekening secara berkala.

Baca Juga: LPS Tegaskan Batas Penjaminan Rp 2 Miliar Termasuk Tertinggi Secara Global

Dengan demikian, nasabah bisa memiliki histori dari semua transaksi yang dilakukan pada rekeningnya. Mengingat, syarat itulah yang diperlukan LPS jika harus melakukan proses pembayaran pada nasabah.

“Misalnya nanti cukup aman, dua bulan kan bisa dihapus, yang lama ganti yang baru,” ujar Lana.

Tak hanya itu, Lana juga mengingatkan agar membuat PIN yang unik. Dalam hal ini, ia mengingatkan bahwa PIN tidak melulu terkait dengan tanggal lahir karena mudah ditebak.

“Cari yang unik, yang gak bakal kepikir orang bahwa itu PIN kita,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari