KONTAN.CO.ID - Jakarta. Nasabah PT Bank Central Asia Tbk atau BCA harus waspada dengan pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking. Nyatanya, pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking itu adalah penipuan. Melansir
Kompas.com, manajemen BCA menegaskan pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking yang beredar merupakan penipuan. Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, BCA tidak pernah mengeluarkan surat pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking tersebut. "Sehubungan dengan beredarnya pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA mobile dan internet banking, dapat kami sampaikan bahwa pengumuman tersebut adalah aksi penipuan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).
Dalam pengumuman palsu yang dimaksud tertulis bahwa biaya transaksi lama Rp 6.500 per transaksi akan diganti dengan biaya bulanan sebesar Rp 150.000 per bulan. Kemudian, nasabah diminta untuk mengkonfirmasi tarif baru ini. Padahal jika dicermati dengan baik, terdapat banyak kesalahan penulisan dalam pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking tersebut yang seharusnya tidak mungkin dilakukan oleh pengumuman resmi yang dikeluarkan BCA. Misalnya pada kata tanggal malah ditulis 'tgl', kata diubah menjadi 'di ubah' dan diganti menjadi 'di ganti', bahkan kata yang seharusnya 'terima kasih' menjadi 'trima kasi'.
Baca Juga: Suku Bunga Acuan Naik, BCA Belum Kerek Bunga Kredit Seharusnya, nasabah yang jeli dapat mengetahui dengan pasti bahwa pengumuman pembaruan biaya transaksi BCA Mobile dan internet banking tersebut pasti bukan dikeluarkan oleh pihak BCA dan patut diragukan kebenarannya. Oleh karena itu, apabila nasabah mendapatkan surat atau informasi yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, nasabah dapat menghubungi kantor cabang setempat atau melalui HaloBCA 1500888, WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id. "BCA senantiasa menghimbau nasabah setia untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA," tuturnya. Cara daftar dan aktivasi BCA Mobile dan internet banking Internet banking kini sudah menjadi layanan standar di perbankan. Hampir semua bank sudah menyediakan layanan internet banking untuk kemudahan nasabah bertransaksi maupun cek saldo. Berikut cara daftar dan aktivasi BCA Mobile dan internet banking melalui KlikBCA: Dirangkum dari laman resmi BCA, bagi nasabah yang sama sekali belum memiliki KlikBCA, bisa melakukan registrasi di ATM BCA dulu:
- Masukkan kartu ATM BCA, masukkan PIN
- Daftarkan nomor HP dengan memilih “DAFTAR E-BANKING”
- Lalu pilih “INTERNET BANKING”
- Nanti nasabah akan mendapatkan User ID KlikBCA.
- Sekarang nasabah sudah memiliki KlikBCA (layanan non-finansial).
Untuk bisa menggunakan layanan finansial KlikBCA, nasabah harus bisa memiliki KeyBCA. Bagi nasabah yang sudah memiliki KlikBCA dan ingin aktivasi finansial agar User ID tersebut terkoneksi dengan KeyBCA. Cara Aktivasi Finansial KlikBCA di Cabang BCA Nasabah dapat melakukan aktivasi finansial KlikBCA ke cabang BCA terdekat, lalu berikut caranya:
- Datang ke CSO di cabang BCA terdekat.
- Bawa buku Tahapan, kartu ATM BCA, KTP asli dan nomor handphone internet banking.
- CSO akan mengaktifkan fitur finansial KlikBCA.
Cara aktivasi finansial KlikBCA melalui Halo BCA Hubungi Halo BCA di 1500888 untuk permohonan aktivasi finansial KlikBCA dengan memberitahukan informasi:
- No. Rekening
- No. HP yang dapat dihubungi BCA
- Halo BCA akan memverifikasi permohonan tersebut.
Kirim kelengkapan dokumen pengajuan melalui email (ukuran email tidak lebih dari 5MB) kepada Halo BCA:
- Foto KTP
- Foto diri dengan KTP
- Permohonan pengajuan KeyBCA KlikBCA tandatangani
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Adi Wikanto