Mari mulai budidaya durian Namlung (bagian 1)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Durian hingga kini menjadi salah satu buah favorit yang banyak penggemarnya di Indonesia. Aroma khas dari buah berduri ini bisa mengundang selera.

Selama ini jenis durian yang banyak dikenal adalah durian asal Medan. Tapi siapa sangka jika pulau Bangka juga bisa jadi surga bagi para penggemar durian. Malah, Bangka juga punya beberapa jenis durian unggulan salah satunya durian Namlung.

Dari namanya terdengar asing. Di Bangka, Namlung salah satu dari tiga varietas durian terbaik pulau ini. "Durian Namlung banyak penggemarnya karena rasanya manis, dan hampir tidak ada biji, kalaupun ada ukuran bijinya sangat kecil, kata Jamhuri, petani durian asal Mendo Barat, Bangka kepada KONTAN.

Walhasil, bibit durian Namlung saat ini mulai banyak dicari dan coba dibudidayakan di luar pulau Bangka. Tapi karena persediaan terbatas, harga bibit durian Namlung masih mahal. Bibit ukuran 40 cm dibanderol Rp 50.000. Ukuran 60 cm–80 cm antara Rp 70.000–Rp 80.000 per pohon.

Sejatinya, harga yang ditawarkan Jamhuri masih cukup murah, karena ia membudidayakan sendiri bibit tersebut. Ia mengklaim, harga bibit durian Namlung di luar bisa dua kali lipat lebih mahal harganya.

Ia sendiri mengklaim sanggup membudidayakan hingga 3.000 bibit durian Namlung untuk persediaan sampai dua bulan. Tapi, dalam hitungan dua sampai tiga bulan, seluruh bibit yang ia jajakan langsung tandas.

Potensi budidaya Durian Namlung juga diakui oleh Devy Sanjaya, pembudidaya durian asal Muntok, Bangka Barat. Maklum, saat ini durian Namlung tengah populer dan permintaannya meningkat. Permintaan datang dari berbagai daerah, tak hanya dari Bangka Belitung, tapi dari luar daerah. "Lama kelamaan, banyak yang mengenal durian Namlung," sahutnya.

Sama seperti Jamhuri, Devy juga merasakan banyaknya permintaan bibit durian Namlung. Tak jarang, ia tak mampu memenuhi permintaan bibit tersebut pada saat persediaan tengah kosong.

Ia sendiri membanderol bibit durian Namlung berukuran 50 cm seharga Rp 70.000 per pohon. Semakin tinggi, harganya juga semakin mahal. Devy mengklaim, sanggup menjual hingga 2.000 bibit durian Namlung dalam tempo tiga bulan. Adapun persediaan bibit hingga Februari kosong.

Selain bibit yang tergolong mahal, harga buah durian yang punya sebutan lain durian Tai Babi atau durian Cumasi ini ternyata juga fantastis. Harga rata-rata durian Namlung per kilogram (kg) bisa mencapai Rp 100.000–Rp 200.000 per kg. Sedangkan harga per buah dengan bobot 1,5 kg–2,5 kg bisa Rp 250.000–Rp 500.000 per buahnya.

(Bersambung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon