Mark Zuckerberg Geser Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia!



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mark Zuckerberg untuk pertama kalinya menjadi orang terkaya kedua di dunia pada Kamis, melampaui Jeff Bezos, setelah saham Meta Platforms Inc. terus meroket.

Keberhasilan Zuckerberg dalam bertaruh pada dunia metaverse yang awalnya tampak seperti kegagalan besar kini berbuah manis dalam beberapa bulan terakhir, mendorong kekayaannya hingga mencapai angka tertinggi sebesar US$206,2 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Ini membuatnya US$1,1 miliar lebih kaya dibandingkan Jeff Bezos dari Amazon.com Inc. dan hampir $50 miliar di belakang Elon Musk dari Tesla Inc.


Baca Juga: Miliarder Ini Menghadapi Tuduhan Kekerasan Seksual di Kanada

Saham Meta telah naik 23% sejak melaporkan penjualan kuartal kedua yang lebih baik dari perkiraan, dan memperkuat posisinya dalam pengembangan model bahasa besar (large language models) yang mendukung chatbot AI. Saham Meta ditutup pada level tertinggi sepanjang masa, yakni US$582,77 pada Kamis.

Meta telah menggelontorkan banyak dana untuk pusat data dan kekuatan komputasi karena Zuckerberg berusaha membangun posisi terdepan dalam perlombaan AI yang sedang berlangsung di industri teknologi. Selain itu, perusahaan juga melanjutkan proyek jangka panjang lainnya, termasuk kacamata augmented reality Orion, yang diperkenalkan bulan lalu.

Baca Juga: Klub Eksklusif Senilai US$ 200 Miliar Hanya Beranggotakan 3 Orang, Siapa Saja?

Zuckerberg, yang memiliki 13% saham di perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California tersebut, telah melihat kekayaannya tumbuh US$78 miliar sepanjang tahun ini, lebih banyak daripada siapa pun dari 500 orang terkaya di dunia yang dilacak oleh indeks Bloomberg.

Pendiri bersama dan CEO yang berusia 40 tahun ini telah naik empat peringkat pada indeks kekayaan tahun ini.

Selanjutnya: Harga Komoditas Energi Rebound Karena Sentimen Geopolitik, Cermati Prospeknya

Menarik Dibaca: Layani Nasabah, Bank INA Resmikan Kantor Cabang di Sunter Jakarta

Editor: Handoyo .