Marketing sales ASRI turun 30%-38% di kuartal I



JAKARTA. Penurunan hasil pra penjualan (marketing sales) tak hanya dirasakan grup Ciputra di awal tahun ini. Pengembang properti di daerah Tangerang,  PT Alam Sutera Tbk (ASRI) juga mengantongi hasil marketing sales yang lebih sedikit ketimbang tahun sebelumnya.

Hendra Kurniawan, Sekretaris Perusahaan ASRI mengatakan, perseroan hanya mengantongi marketing sales Rp 800 miliar - Rp 900 miliar sepanjang kuartal I 2014. Alhasil, hasil marketing sales kuartal I ASRI baru mencapai 16%-18% dari target marketing sales tahun ini Rp 5 triliun.

Hasil ini tak sebesar dengan nilai marketing sales kuartal pertama tahun lalu, yang pernah mencapai Rp 1,3 triliun. Artinya, perseroan mengalami penurunan marketing sales sebesar 30%-38,46%  year on year (yoy).


"Penurunan ini karena efek likuiditas kredit bank yang ketat, sehingga tak leluasa seperti tahun lalu," jelasnya kepada KONTAN, Kamis (10/4). Adapun, efek tahun politik juga menyebabkan investor berhati-hati melirik properti saat ini.

Sebab, menurutnya, sebagian besar pembeli ASRI cukup besar dari kalangan investor. "Mereka akan wait and see dulu hingga setelah Pemilu berakhir," jelasnya. Adapun, marketing sales kuartal satu sekitar 50-60% berasal dari penjualan apartemen (high residential) Kota Ayodya, sedangkan sisanya dari residential di Pasar Kemis, Tangerang, dan sektor komersial di Alam Sutera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri