Markit mengincar dana IPO US$ 1 miliar di AS



NEW YORK. Markit Group terus mematangkan niat menggelar penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) di bursa saham Amerika Serikat. Perusahaan penyedia informasi finansial  berbasis di London, Inggris, ini membidik dana IPO lebih dari US$ 1 miliar.

Kabar terbaru menyebutkan, Markit menunjuk Goldman Sachs sebagai koordinator utama penjamin pelaksana emisi korporasi tersebut. Rencana ini diungkapkan oleh empat orang yang mengetahui proses itu kepada Reuters, Selasa (26/6).

Bertekad meraih dana IPO lebih dari US$ 1 miliar, Markit Group ingin memperkuat posisinya dalam peta persaingan dengan pemain lain, yakni Bloomberg dan Thomson Reuters Corp. Saat ini, manajemen Markit tengah memproses wawancara sejumlah bank untuk bergabung dalam sindikasi penjamin emisi IPO mereka.


Salah satu sumber tadi membisikkan, Markit kemungkinan mengajukan pernyataan pendaftaran IPO kepada regulator pasar modal Amerika Serikat pada kuartal keempat tahun ini. Namun, rencana tersebut masih dapat berubah, tergantung kondisi pasar.

Semua sumber meminta identitasnya tidak dirahasiakan, lantaran tahapan IPO Markit bukan untuk konsumsi publik. Goldman Sachs menolak mengomentari informasi tersebut.

Di bagian lain, seorang Jurubicara Markit, menyatakan perusahaan itu tidak mengeluarkan keputusan mencatatkan sahamnya di pasar modal. Sumber Reuters juga menilai, struktur kepemilikan dan basis pelanggan di Markit berpotensi memperumit proses seleksi penjamin emisi IPO.

Perusahaan private equity General Atlantic telah mengakuisisi 7,5% saham Markit senilai US$ 250 juta pada Januari 2010. Adapun mayoritas kepemilikan saham Markit dikuasai oleh sejumlah bank, antara lain Goldman Sachs, JPMorgan Chase dan Bank of America. Nah, para pelanggan Markit juga termasuk perbankan tadi. Pelanggan menggunakan produk Markit seperti layanan data finansial dan perdagangan terutama untuk pasar kredit.

Dengan begitu, Markit harus berjalan di garis yang tepat ketika memilih sindikasi bank penjamin emisi IPO. Langkah tersebut demi menghindari kekecewaan para pemilik dan pelanggan.

Markit didirikan Lance Uggla, seorang warga Kanada, pada tahun 2001. Tahun ini, Markit menerima suntikan investasi sekitar US$ 500 juta dari Temasek Holdings Pte Ltd, perusahaan investasi milik Pemerintah Singapura. Nilai total investasi Temasek di Markit mencapai US$ 5 miliar.

Editor: Sandy Baskoro