Marzuki Alie calon kuat Ketua Umum Demokrat



JAKARTA. Bursa calon ketua umum Partai Demokrat mulai mengerucut ke beberapa nama. Salah satunya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie. Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ternyata bahkan juga sudah menyatakan kesiapannya untuk menduduki posisi tersebut.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman mengungkapkan, Marzuki sudah menyatakan bersedia menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.  Menurut Hayono, wajar kalau sebagai kader Marzuki mengungkapkan kesiapannya untuk menduduki posisi ketua.

Apalagi dalam kongres 2010 lalu, Marzuki juga memperoleh suara dibawah Anas. “Beliau pernah menjadi Sekjen dan saya yakin mampu menggairahkan Partai Demokrat,” ungkap Anggota Komisi I DPR tersebut. Marzuki sendiri, meski mengungkapkan kesiapannya untuk menjadi ketua, memilih menyerahkan hal tersebut pada forum kongres luar biasa (KLB). “Kita jadi ketum atau tidak nanti akan ada di kongres,” pungkasnya.


Sumber KONTAN membisikkan, nama-nama calon ketua umum Demokrat yang beredar seperi Hayono Isman, Soekarwo, dan Agus Hermanto bakal mendapat resistensi yang kuat dari pendukung Anas yang masih mendominasi kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Apalagi sikap ketiganya juga dikategorikan masuk kubu yang "anti-Anas".

Yang paling rasional, adalah mencari figur yang mendapat resistensi yang paling minimal dari pendukung Anas di Demokrat. Pada saat bersamaan, figur tersebut juga harus disukai oleh pengurus majelis tinggi partai lainnya, termasuk SBY. "Salah satu yang memungkinkan adalah Pak Marzuki," kata sang sumber. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amal Ihsan