Masa transisi, semua mal di DKI Jakarta mulai beroperasi pada 15 Juni 2020



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, semua pusat perbelanjaan di Ibu Kota akan kembali beroperasi mulai 15 Juni 2020. 

Hal ini sesuai keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengizinkan mal beroperasi selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. 

"Mengingat semua pusat belanja juga memiliki moral obligation dan responsibility kepada para tenant, karyawan dan masyarakat, maka dapat dikatakan semua mal juga akan buka saat tanggal tersebut (15 Juni 2020)," kata Ellen, Sabtu (6/6). 

Baca Juga: PSBB transisi, perkantoran dan pusat perbelanjaan wajib siapkan parkir khusus sepeda

Selama beroperasi, pengelola mal harus membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas gedung. Oleh karena itu, pengelola mal diharapkan menata kembali kapasitas meja dan kursi di restoran-restoran. 

"Para restoran dine-in dan food court juga menata kembali kapasitas meja kursinya agar menjadi 50%," ujar dia. 

Ellen mengimbau para pengelola mal dan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti penggunaan masker, menjaga kebersihan selama berada di dalam mal, dan menjaga jarak. 

"Pembayaran juga harus memakai cashless untuk meminimalisir perpindahan fisik uang sebagai media penyebaran virus," lanjut Ellen. 

Editor: Anna Suci Perwitasari