Masih Bisa Minum Kopi, Ini Pilihan Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung



MOMSMONEY.ID - Intip daftar pilihan kopi yang aman untuk penderita asam lambung berikut ini, yuk! Apa saja ya?

Kopi adalah minuman favorit banyak orang, namun bagi penderita asam lambung, minum kopi sering menjadi dilema.

Asam lambung yang naik dapat dipicu oleh konsumsi kopi, karena kandungan kafein dan sifat asam pada kopi dapat memperburuk kondisi lambung.


Meskipun begitu, bagi para pecinta kopi yang memiliki masalah asam lambung, tidak perlu khawatir! Masih ada cara aman untuk tetap menikmati secangkir kopi tanpa memicu keluhan.

Baca Juga: 9 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh yang Bisa Picu Stres

Menyadur dari laman Hello Sehat, inilah beberapa pilihan kopi yang aman untuk penderita asam lambung:

1. Kopi Luwak

Kopi luwak berasal dari biji kopi yang telah dicerna dan dikeluarkan oleh luwak. Proses pencernaan alami ini mengurangi kandungan asam dalam biji kopi, sehingga kopi luwak memiliki kadar keasaman yang lebih rendah.

Hal ini membuatnya cocok untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung.

2. Kopi Dark Roast

Kopi dark roast dipanggang lebih lama pada suhu tinggi, yang menghasilkan rasa lebih kaya dan mengurangi kandungan asam.

Dengan tingkat keasaman yang lebih rendah, kopi dark roast lebih aman untuk lambung, terutama bagi yang sensitif terhadap asam.

Baca Juga: Makan Buah Sirsak Bisa Sembuhkan Penyakit Apa Saja? Simak Selengkapnya di Sini

3. Kopi Chicory

Kopi chicory dibuat dari akar tanaman chicory yang dipanggang dan digiling. Kopi ini memiliki rasa yang mirip dengan kopi biasa, tetapi tanpa kafein.

Karena tidak mengandung kafein, kopi chicory tidak memicu rangsangan pada lambung, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

4. Espresso

Espresso memiliki kadar asam lebih rendah dibandingkan metode penyeduhan lain seperti drip atau pour-over karena proses ekstraksinya yang cepat.

Selain itu, espresso biasanya disajikan dalam porsi kecil, yang membatasi jumlah kopi yang diminum dan menjadikannya pilihan baik bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: 11 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja ya?

5. Cold Brew

Cold brew diseduh dengan air dingin selama 12-24 jam, sehingga menghasilkan kopi dengan tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan metode penyeduhan panas.

Kopi ini menjadi pilihan tepat bagi penderita asam lambung dan dapat disesuaikan dengan berbagai jenis biji kopi untuk preferensi rasa yang berbeda.

6. Kopi Dekafein

Kopi dekafein melalui proses penghilangan sebagian besar kafeinnya, sehingga hanya mengandung sekitar 3% kafein.

Karena kadar kafeinnya sangat rendah, kopi dekafein lebih aman bagi mereka yang sensitif terhadap kafein dan penderita asam lambung.

Baca Juga: Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung Secara Berlebihan

Itulah beberapa pilihan kopi yang aman untuk penderita asam lambung. Meskipun masih bisa menikmati kopi, disarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak, misalnya 2-3 kali per minggu.

Hindari menambahkan gula, susu, atau krim, karena ini dapat memperburuk kondisi asam lambung. Selain itu, lebih baik minum kopi setelah makan, karena minum kopi saat perut kosong bisa memicu gejala asam lambung. Semoga bermanfaat.

 

Selanjutnya: Promo Alfamart Beli 1 Gratis 1 dan Beli 2 Gratis 1, Berlaku sampai 30 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas