KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Honda Motor Co., Ltd. menegaskan komitmennya untuk memenuhi target pencapaian 100% terhadap produk elektrifikasinya pada tahun 2040. Toshihiro Mibe, Director, President and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co., Ltd menyampaikan, untuk mewujudkan hal tersebut Honda mengumumkan berbagai pendekatan komprehensif yang mencakup penetapan target untuk penjualan kendaraan listrik, restrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, memperkenalkan model elektrifikasi yang inovatif, dan melakukan investasi finansial yang signifikan. Pendekatan komprehensif yang pertama mencakup penetapan target untuk penjualan mobil listrik. Honda tetap percaya bahwa kendaraan listrik adalah solusi paling efektif untuk produk mobilitas kecil seperti sepeda motor dan mobil.
Baca Juga: Honda Motor Tambah Investasi di Bisnis Kendaraan Listrik Jadi US$ 65 Miliar Honda mempunyai target 100% untuk produk
electric vehicle (EV) dan
full cell electric vehicle (FCEV) dari penjualan kendaraan globalnya pada 2040, di mana hal ini tidak berubah. "Honda juga melihat pada periode popularisasi kendaraan listrik, membangun merek elektrifikasi yang kuat serta fondasi bisnis kendaraan listrik yang kokoh sebagai perspektif jangka menengah hingga jangka panjang Honda," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (21/5). Pendekatan komprehensif yang kedua adalah merestrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, yang mana fokus utama Honda pada produksi baterai. Honda berupaya untuk mengurangi biaya produksi baterai di Amerika Utara dengan target lebih dari 20% dibandingkan dengan biaya saat ini pada 2030. Honda juga akan membangun struktur bisnis yang kompetitif dengan tujuan mengurangi biaya produksi keseluruhan sekitar 35%. Honda sudah memiliki pandangan positif untuk mengamankan produksi baterai yang cukup untuk memenuhi sekitar 2 juta unit kendaraan listrik per tahun. Selain itu, Honda juga akan memperkenalkan model elektrifikasi yang inovatif sebagai pendekatan komprehensif ketiga. Pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2024 lalu, Honda sudah memulai pengenalan kendaraan listrik yang unik serta atraktif dimulai dari Honda 0 Series. Model ini akan berperan penting dalam strategi mobil EV Honda. Dengan pendekatan baru “Thin, Light, Wise”, Honda meluncurkan dua model konsep yaitu Saloon dan Space-Hub. Model ini akan diproduksi massal pada tahun 2026 untuk pasar Amerika Utara dan kemudian secara global. Setelah itu diikuti model lainnya mulai dari ukuran kecil hingga besar, sehingga total akan ada tujuh model baru kendaraan listrik.
Baca Juga: Honda dan IBM Kerja Sama Penelitian Semikonduktor dan Teknologi Perangkat Lunak Untuk model hybrid-electric (e:HEV), yang permintaannya kuat di pasar saat ini, Honda akan lebih memperluas lini produknya secara global. Honda juga akan memperkenalkan 10 model mobil listrik pada tahun 2027 dan menargetkan 100% penjualan mobil listrik pada tahun 2035 di China. Adapun pada tahun 2024, Honda meluncurkan Seri “Ye”, sebagai pendamping Seri e:N yang sudah mulai dijual saat ini. Sedangkan di Jepang, Honda akan mulai dengan produk mini-EV komersial yaitu N-VAN e: yang akan mulai dijual pada musim gugur tahun 2024. Honda juga akan memperkenalkan secara bertahap mini-EV untuk mobil pribadi pada tahun 2025 serta kendaraan listrik mini yang menekankan fun to drive pada tahun 2026. Lebih jauh, Honda akan melakukan investasi finansial yang signifikan sebagai pendekatan komprehensif berikutnya. "Honda berencana untuk menginvestasikan sekitar 10 triliun Yen untuk pengadaan berbagai sumber daya untuk mendukung tercapainya popularitas periode kendaraan listrik selama periode 10 tahun hingga tahun 2031," ungkap Toshihiro Mibe. Di Indonesia sendiri, Honda telah memasuki era elektrifikasi dengan meluncurkan dua produk hibrida yaitu All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV. Sementara itu, untuk kendaraan listrik, Honda memasuki tahap riset dan pengenalan di mana sebagai bagian dari riset tersebut Honda telah melakukan kolaborasi bersama Universitas Indonesia dan Pertamina. Kemudian untuk tahap pengenalan, Honda berkolaborasi dengan Jakarta Good Guide untuk berkeliling Jakarta menggunakan produk teknologi elektrifikasi dari Honda.
Editor: Handoyo .