Masuk Musim Hujan, Ini Komponen Mobil yang Perlu Diperhatikan



MOMSMONEY.ID - Jelang akhir tahun, kita akan memasuki musim hujan yang sering membawa tantangan tersendiri bagi para pengendara. Kondisi jalan yang basah dan licin, dapat meningkatkan risiko kecelakaan jika mobil tidak dalam kondisi prima.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan beberapa komponen mobil berfungsi dengan baik selama musim hujan. Marketplace asuransi terpercaya di Indonesia yang pelaksanaannya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lifepal.co.id mengungkapkan beberapa komponen penting yang harus diperhatikan saat musim hujan tiba.

Apa saja itu? Simak di bawah ini :


1. Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen paling krusial yang harus diperiksa saat musim hujan. Kondisi ban yang baik akan memastikan mobil cukup memiliki traksi di jalan yang basah. Pastikan kedalaman alur ban masih dalam batas aman.

Alur ban yang dalam membantu mengalirkan air keluar dari permukaan ban, sehingga mengurangi risiko aquaplaning atau kondisi saat ban mobil tidak sepenuhnya menyentuh jalan karena terhalang genangan air.

Untuk menjaga stabilitas dan traksi mobil, tekanan angin pada ban harus tepat. Sebab, ban yang kurang angin dapat menyebabkan mobil sulit dikendalikan di jalan yang licin. Selain itu, melakukan rotasi ban secara berkala dapat membantu memperpanjang umur ban dan memastikan keausan yang merata.

Hal ini penting diperhatikan untuk menjaga performa ban di berbagai kondisi cuaca. Jika memungkinkan, pakai ban yang memang dirancang khusus untuk musim hujan, yaitu jenis ban yang memiliki alur dan kompon yang dirancang untuk memberi traksi maksimal di jalan basah.

Baca Juga: 5 Film Terbaru Netflix Minggu Ini, Ada Film Indonesia The Shadow Strays

2. Wiper

Wiper adalah komponen yang sering kali diabaikan, padahal sangat penting untuk menjaga visibilitas selama berkendara di musim hujan. Karet wiper yang sudah aus tidak akan efektif membersihkan kaca depan. Karena itu, pastikan mengganti karetnya secara berkala untuk menjaga visibilitas. Pastikan pula cairan wiper selalu terisi penuh. Cairan wiper membantu membersihkan kotoran dan debu yang menempel di kaca depan, sehingga pandangan tetap jelas.

Bagian lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah motor wiper. Jika berfungsi baik, maka akan memastikan wiper bergerak dengan lancar dan efektif. Karena itu, segera periksa dan perbaiki jika wiper bergerak lambat atau tersendat.

Sesuaikan kecepatan wiper dengan intensitas hujan. Wiper yang bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat dapat mengganggu visibilitas.

3. Lampu Mobil

Lampu mobil merupakan komponen penting lainnya yang harus diperiksa saat musim hujan. Lampu yang berfungsi baik akan membantu pengendara melihat dengan baik, dan terlihat oleh pengendara lain.

Pastikan lampu depan berfungsi dengan baik, dan tidak redup. Lampu depan yang terang akan membantu pengemudi melihat jalan dengan jelas di kondisi hujan.

Lampu belakang dan lampu rem yang berfungsi baik sangat penting untuk memberi tahu pengendara di belakang saat pengemudi mengerem atau berbelok. Kaca lampu yang kotor dapat mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan. Pastikan kaca lampu selalu bersih untuk visibilitas yang optimal.

Jika mobil dilengkapi dengan lampu kabut, gunakan saat hujan deras atau kabut tebal. Lampu kabut membantu meningkatkan visibilitas di tengah kondisi cuaca buruk.

Baca Juga: Daftar 4 Serial Terbaru Netflix Minggu Ini, Ada Drakor My Dearest

4. Air Conditioner

Air Conditioner (AC) mobil selain berfungsi untuk mendinginkan kabin, menjaga visibilitas selama musim hujan. Karena itu, penting menjaga setiap komponennya dengan baik,

Kondisi filter AC yang bersih akan memastikan sirkulasi udara baik di dalam kabin. Sebaliknya, filter yang kotor dapat menyebabkan kaca berembun dan mengganggu visibilitas. Komponen lainnya yang harus diperhatikan adalah defogger, fitur yang sangat berguna saat musim hujan. Gunakan defogger untuk menghilangkan embun di kaca depan dan belakang.

Tak hanya itu saja, kompresor AC yang berfungsi baik akan memastikan AC bekerja optimal. Jika AC tidak dingin atau berisik, segera periksa kompresornya. Atur suhu dan sirkulasi udara AC untuk mencegah kaca berembun. Suhu yang terlalu dingin atau sirkulasi udara yang tidak tepat dapat menyebabkan embun di kaca.

Itulah beberapa komponen mobil yang harus dijaga dengan baik selama musim hujan. Untuk memastikan mobil selalu dalam kondisi prima selama musim jan, penting untuk melakukan pengecekan rutin dan perawatan berkala. Pastikan juga keamanan dan kenyamanan berkendara dengan asuransi mobil. Dengan asuransi mobil, maka pemilik kendaraan mendapatkan perlindungan finansial dan ketenangan pikiran. 

Selanjutnya: Bank Dunia Sebut 26 Negara Termiskin Alami Kondisi Keuangan Terburuk Sejak 2006

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika