Masyarakat Bisa Naik Tank hingga Nonton Konser HUT TNI ke-79 di Monas Hari Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-79, hari ini, Sabtu (5/10/2024). 

Kegiatan utamanya akan dipusatkan di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Masyarakat pun bisa menyaksikan secara langsung atraksi yang bakal disuguhkan TNI.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan bahwa persiapan TNI untuk menggelar acara ini sudah 100 persen.


"Ya kalau geladi bersih ya harus 100 persen, tentu nanti pada pelaksanaannya bagus," kata Panglima TNI ditemui di Lapangan Silang Monas, Kamis (3/10/2024) malam setelah kegiatan doa bersama lintas iman.

Nantinya, berbagai alat utama sistem senjata (alutsista) bakal dipamerkan dan masyarakat yang antusias bisa menyaksikannya secara langsung dari dekat pada saat parade.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Hariyanto mengajak seluruh warga masyarakat memeriahkan HUT ke-79 TNI. Pintu Monas pun dibuka selebar-lebarnya bagi masyarakat. "Ya kita membuka ruang itu bersama-sama dengan masyarakat. TNI manunggal bersama masyarakat dan TNI kuat kalau masyarakat juga kuat," kata Kapuspen ditemui di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2024).

Berikut ragam aktivitas yang bisa dilakukan masyarakat pada HUT ke-79 TNI di Monas:

1. Lihat terjun payung hingga pertempuran pesawat tempur

Pada HUT ke-79 TNI ini, masyarakat bisa menyaksikan berbagai aksi demonstrasi yang dilakukan oleh personel TNI, seperti, terjun payung hingga atraksi pesawat tempur.

Untuk terjun payung, ada 200 personel gabungan TNI yang terlibat dari tiga matra, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL).

Beberapa penerjun nantinya juga akan membawa bendera tiga matra, bendera Mabes TNI dan bendera Merah Putih saat mendarat.

Hal yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah, pertempuran pesawat tempur di langit Monas. Masyarakat bisa menyaksikan kepiawaian personel TNI AU dalam bermanuver menggunakan jet tempur.

“Atraksi dogfight (pertempuran pesawat tempur) menggunakan pesawat tempur F16 dan Sukhoi, dan ditutup bomb burst dengan jumlah pesawat tempur yang banyak dan ditutup dengan high speed pass,” kata Penanggungjawab Demonstrasi Gabungan HUT ke-79 TNI, Marsekal Muda (Marsda) TNI Donald Kasenda, Kamis (3/10/2024).

2. Naik tank hingga panser

Setelah melihat aksi demonstrasi, masyarakat akan disuguhkan dengan penampilan berbagai alutsista. Masyarakat bahkan bisa naik ke alutsista seperti tank Harimau hingga panser.

Alutsista itu akan berjalan dan menyapa masyarakat melalui kegiatan parade kendaraan, dengan rute Monas hingga Bundaran Senayan.

"Nanti pada saat defile kendaraan, itu tank-tank dinaikin oleh masyarakat. Masyarakat bisa naik di depan presiden, bisa lewat sambil dadah-dadah," tutur Hariyanto.

Selain menumpanginya, tentu masyarakat bisa sekalian bertanya kepada petugas TNI tentang alutsista tersebut.

3. Makan gratis dan pembagian sembako

TNI juga menggelar ratusan lapak dari UMKM yang disajikan di Lapangan Silang Monas, gratis untuk masyarakat.

Masyarakat pun bisa menikmati makanan dan minuman itu secara gratis. Ada pula pembagian sembako yang akan dilakukan TNI pada hari ini. "Pesta rakyat, ada makan gratis, pembagian sembako," ungkap Kapuspen.

4. Nonton konser di panggung hiburan

Usai mendatangi lapak UMKM, masyarakat pun bisa menuju panggung utama HUT ke-79 TNI untuk menonton konser dan beragam hiburan lainnya.

Sebab TNI telah menyiapkan sejumlah artis ibukota dan band papan atas untuk menghibur masyarakat yang hadir pada HUT ke-79 TNI.

"Kita dihibur dengan band, ada Slank, ada NDX A.K.A, ada Raffi Ahmad juga di sana, tergelar artis-artis ibukota. Mungkin nanti menjelang sore," ujar Kapuspen.

Masyarakat pun bisa menonton konser sembari menikmati sajian makanan dan minuman yang telah didapatkan dari lapak UMKM tadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada HUT Ke-79 TNI di Monas Hari Ini, Masyarakat Bisa Naik Tank hingga Nonton Konser", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/05/06271431/ada-hut-ke-79-tni-di-monas-hari-ini-masyarakat-bisa-naik-tank-hingga-nonton?page=all#page2.  

Selanjutnya: Ini Modifikasi Rute Transjakarta karena Ada HUT TNI di Monas

Menarik Dibaca: 7 Rekomendasi Film Dewasa Panas No Sensor, Sudah Nonton?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto