KONTAN.CO.ID - Matahari bergerak ke arah spesialis format besar atau disebut sebagai 'House of Specialists', menghadirkan penawaran produk terbaru, konsep gerai yang lebih menarik dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Matahari memperkenalkan identitas barunya yang merefleksikan semangat pelayanan dan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada konsumen. Bertempat di Atrium Mall Taman Anggrek, Matahari meluncurkan konsep ‘House of Specialists’ untuk melayani kebutuhan fashion konsumen di Indonesia, dengan strategi 5 tahun untuk membangun pangsa pasar di target pasarnya, sebagai merek ritel paling tersebar luas di sektornya. “Industri ritel di dunia terus bergerak dan mempengaruhi cara konsumen berbelanja dan memenuhi kebutuhannya. Di dalam industri yang sangat dinamis ini, Matahari ingin terus melayani kebutuhan konsumen di Indonesia dan juga membuat barang-barang asli Indonesia yang berkualitas tinggi dan berstandar global, sehingga memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik dari sebelumnya serta membangun merek perusahaan dan komunitas dengan mengutamakan pendekatan Sumber Daya Manusia,” sambut CEO PT Matahari Department Store Tbk., Terry O’Connor.
“Matahari harus berevolusi dan melakukan perubahan sebagai destinasi belanja pilihan konsumen yang memberikan koleksi fesyen berkualitas, aspirasional dan terjangkau, juga sebagai gerai pakaian anak dan footwear terbesar di negara ini yang juga ditunjang dengan beragam pilihan produk kecantikan yang menarik. Dengan adanya konsep tersebut, Matahari berharap dapat menarik semakin banyak pelanggan dari berbagai rentang usia, termasuk mereka yang berusia di bawah 25 tahun yang turut serta mendukung gerai kami.” Untuk mewujudkan konsep ‘House of Specialists’ Matahari akan fokus kepada empat hal utama yaitu Produk, Harga, Pengalaman Konsumen dan Sumber Daya Manusia. Matahari menyediakan pilihan produk fesyen yang sangat beragam dan terus menambah merek-merek baru di semua kategori. Koleksinya aspirasional karena produk dipilih dengan seksama berdasarkan tren, desain yang lebih baru, dan memastikan tampilan penuh gaya yang dapat dikenakan sehari-hari. Koleksi di Matahari membangun feel good dan percaya diri. Bagi konsumen yang ingin mempunyai pilihan sepatu dan sandal yang lebih banyak, dapat mengunjungi area footwear dan dengan leluasa memilih produk yang diinginkan. Tampil gaya tidak harus mahal. Matahari memiliki rangkaian produk berkualitas internasional dengan harga terjangkau. Untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang optimal, konsumen bisa memanfaatkan keanggotaan Matahari Rewards dan mendapatkan potongan harga yang fleksibel serta diskon belanja langsung. Pay less untuk produk-produk berkualitas hanya di Matahari. Sekarang berbelanja di Matahari sangat menyenangkan, dengan bantuan para karyawan ahli dan terampil yang hadir dengan seragam yang lebih modern. Gerai diterangi lampu LED yang ramah lingkungan dengan lorong-lorong belanja yang ditata rapi dan leluasa sesuai tren dan kebutuhan. Matahari mengoptimalkan tata letak produk-produknya dalam area-area spesialis seperti men’s wear, beauty, ladies wear, baby shop, children’s wear, footwear, dan casual sport. Area belanja yang ditata ulang dengan seksama membuat konsumen mudah mencari barang-barang yang dibutuhkan. Matahari juga melengkapi diri dengan layanan Click-and-Collect atau Shop & Talk, dimana Matahari menyiapkan personal shopping assistant untuk membantu konsumen mencari barang yang dibutuhkan yang kemudian dapat diambil di gerai terdekat . Program ini akan sepenuhnya dijalankan pada 2022 dan 2023. “Sejak awal berdiri pada 1958, Matahari telah membangun hubungan yang kuat dengan para karyawan dan mitra yang telah membesarkan kami. Para individu merupakan bagian terpenting dari organisasi kami. Tanpa tim yang kuat dan saling mendukung, kami tidak akan berdiri di sini hari ini,” tambah Terry. Matahari meningkatkan perannya di tengah masyarakat dan mengajak karyawan dan mitra usaha untuk berpartisipasi melakukan hal-hal baik yang dapat dinikmati dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat. Identitas yang baru merefleksikan keinginan Matahari untuk menginspirasi konsumen ‘to feel good’’ dengan tampil lebih fashionable dan trendy. Tidak hanya untuk konsumen, Matahari juga ingin menginspirasi ribuan karyawan dan para mitra yang telah bekerja bersama selama bertahun-tahun. Matahari menggelar berbagai program yang mengembangkan kapasitas diri karyawan dan mitra usaha. Di Matahari karyawan dan para mitra saling belajar agar dapat bekerja lebih baik dan maju bersama. Selain berbagai kegiatan pemberdayaan bersama karyawan dan mitra usaha, Matahari juga meningkatkan kepeduliannya dalam membangun literasi generasi masa depan melalui renovasi 10 perpustakaan sekolah di 10 area di Indonesia. “Matahari hidup berdampingan dengan masyarakat karena 142 gerai Matahari tersebar di 77 kota di seluruh Indonesia. Matahari telah membantu lebih dari 1.000.000 jiwa melalui penciptaan lapangan kerja lokal dan dukungan masyarakat. Kami ingin melakukan sesuatu yang dapat membantu menciptakan masa depan yang lebih baik. Kami sepakat untuk membuka jendela ilmu bagi anak-anak di kota-kota dimana kami berada dan membaca adalah salah satunya. Matahari akan membantu meningkatkan literasi dengan merenovasi banyak perpustakaan sekolah Indonesia dimana anak-anak dapat mengembangkan diri serta menikmati budaya membaca,” tutup Terry. Melalui kampanye #SambutMatahariBaru, Matahari mengundang konsumen untuk mengeskplorasi gerai-gerai Matahari yang baru dan mengekspresikan diri dalam aktivitas konsumen bersama para ‘fashion enthusiasts’ yang berkolaborasi dengan Matahari.
Baca Juga: Matahari Department Store (LPPF) Akan Menambah 10 Gerai Baru di 2022 Tentang Matahari Matahari adalah platform ritel terbesar di Indonesia, dengan 142 gerai di 77 kota di seluruh Indonesia, serta secara online melalui Matahari.com, platform social commerce “Shop & Talk”, dan market place pihak ketiga. Selama lebih dari 60 tahun, Matahari menyediakan produk pakaian, kecantikan dan sepatu yang berkualitas, fashionable dan terjangkau bagi kalangan menengah Indonesia yang semakin meningkat. Matahari mempekerjakan lebih dari 30.000 karyawan (termasuk SPG produk konsinyasi) dan bermitra dengan sekitar 600 pemasok lokal serta internasional. Perseroan menerima beberapa penghargaan dari industri – bertaraf nasional dan internasional – termasuk Most Improved Investor Relations and Top 5 Best Senior Management IR Support in 2022 dari Alpha Southeast Asia, Top 10 CSR Donor dari Bursa Efek Indonesia, Best Non-Financial Sector dan Top 10 Mid-Cap Issuers ASEAN Corporate Governance Awards 2022, Top Digital Company & Best Excellent Service Experience Index Award 2022 dari Majalah Marketing, Top 50 Most Valuable Brand Awards 2021 dari Brand Finance Indonesia, Top 500 Retail Asia Pacific dari Retail Asia, Euromonitor & KPMG; Brand Asia 2018 – Top 3 Most Powerful Retail Brands in Indonesia dari Nikkei BP Consulting, Inc.; dan WoW Brand Award 2019 – Gold Champion dari MarkPlus Inc. Di samping itu, Perseroan juga meraih penghargaan Indonesia Netizen’s Brand Choice Award 2018 dari Warta Ekonomi. Seluruh penghargaan ini mendukung dan memperkuat reputasi Perseroan sebagai salah satu perusahaan yang terkemuka, dinamis, dan tepercaya di Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti