Maybank AM Sebut Bisnis Reksadana Masih Positif, Ini Faktor Pendorongnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maybank Asset Management (Maybank AM) melihat bisnis investasi reksa dana masih cukup positif sampai Agustus 2024. Dana kelolaan masih terus bertumbuh didorong imbal hasil yang semakin menghijau di tengah ekspektasi pemangkasan suku bunga The Fed.

Head of Investment Fixed Income Maybank Asset Management, Zaki Aulia juga menilai bahwa bisnis pengelolaan reksadana masih menarik, ditunjang dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya investasi.

Zaki menyebutkan, investasi reksadana yang dikelola oleh Maybank AM menunjukkan kinerja yang stabil dan kompetitif. Di mana, Maybank AM menawarkan beragam produk reksadana yang disesuaikan dengan profil risiko investor dengan imbal hasil yang bervariasi tergantung pada jenis produk. 


Baca Juga: Maybank Umumkan Investasi Strategis di Grup Modalku

“Saat ini beberapa produk unggulan kami di antaranya Maybank Dana Ekuitas, Reksadana Maybank Finansial Infobank 15 Index, Reksadana Maybank Dana Obligasi Negara dan Reksadana Maybank Dana Pasar Uang, karena memberikan pertumbuhan positif secara year to date (Ytd),” kata Zaki kepada Kontan.co.id, Rabu (18/9). 

Dia menyebutkan, untuk imbal hasil Maybank Dana Ekuitas tumbuh sebesar 5% - 6% secara year to date (Ytd). Kemudian, Maybank Dana Obligasi Negara juga naik 2.5%-3.5% Ytd.  Sedangkan Maybank Dana Obligasi Negara juga naik 3%-4% Ytd. 

Selanjutnya, Zaki menuturkan untuk Maybank Dana Pasar Uang mencatatkan imbal hasil 3%-4% Ytd. Sedangkan untuk Maybank Financial Infobank 15 Index Fund, imbal hasilnya sebesar 20% selama tiga bulan. 

“Kami selalu berfokus pada manajemen portofolio yang prudent dan mengelola risiko untuk memberikan hasil optimal bagi para investor,” imbuhnya. 

Lebih jauh lagi, Zaki mengatakan, untuk menghadapi tantangan penurunan reksadana, Maybank AM telah menyiapkan sejumlah strategi termasuk peluncuran produk-produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar, seperti reksa dana tematik, global dan berbasis ESG/syariah. 

Baca Juga: Return Tumbuh Positif, Begini Siasat Manajer Investasi Kejar Dana Kelolaan Reksadana

Dia menyebutkan, sepanjang tahun 2023-2024, Maybank AM telah meluncurkan reksadana Syariah Maybank Obligasi Syariah Negara, reksadana Maybank Syariah Cash Fund dan reksadana Indeks Maybank Financial Infobank 15 Index Fund. 

“Kami juga terus memperkuat kerja sama dengan agen penjual efek reksa dana dan memperluas edukasi ke investor, baik ritel maupun institusi,” ujarnya. 

Dengan pendekatan tersebut, Maybank AM yakin dapat terus memberikan nilai tambah bagi investor serta mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Selanjutnya: Menakar Efek Penurunan BI Rate Terhadap Perusahaan Multifinance

Menarik Dibaca: Cara Aktifkan Pengingat Batasan Pengisian Daya di iOS 18 untuk Jaga Kesehatan Baterai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .