Mayora optimistis bisnis AMDK tumbuh di atas rata-rata pasar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai pemegang merek air minum dalam kemasan (AMDK) Le Minerale, PT Mayora Indah Tbk (MYOR) optimistis mampu meraih pertumbuhan penjualan yang signifikan di bisnis tersebut pada tahun ini. Optimisme tersebut merujuk pertumbuhan penjualan Le Minerale di awal-awal tahun ini.

Febri Hutama, Marketing Manager RTD Coffe & Water Mayora Indah mengatakan, bisnis AMDK MYOR masih memperlihatkan sinyal positif. "Kami pun yakin mampu tumbuh lebih besar dari kategori AMDK dan food and beverages umumnya," ujarnya ditemui usai launching Le Minerale Dukung Gerakan Indonesia Sehat 2018, Senin (16/7).

Sayangnya, MYOR masih enggan menyebutkan secara rinci target penjualan Le Minerale hingga akhir tahun ini. Yang pasti, sebelumnya Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) sempat memproyeksikan, pertumbuhan industri ini sekitar 10% hingga akhir tahun nanti.


Penjualan Le Minerale sendiri sampai kuartal-I 2018 tumbuh dobel digit. Menilik laporan keuangan MYOR, di kuartal-I 2018 penjualan bersih produsen Le Minerale yakni PT Tirta Fresindo Jaya tercatat senilai Rp 55,41 miliar. Penjualan bersih anak usaha MYOR tersebut meningkat 19% dibandingkan kuartal I 2017.

Kinerja yang positif tersebut, kata Febri, tak lepas dari penetrasi perusahaan yang tinggi diberbagai daerah. "Sebab hampir bisa dibilang Le Minerale sudah ada diberbagai kota di Indonesia," terangnya.

Selain itu, MYOR menyeimbangkan penjualan produk Le Minerale di segmen ritel modern maupun tradisional. Menurut Febri, kedua segmen tersebut sama besarnya memberikan kontribusi baik dari segi volume maupun nilai penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat