KONTAN.CO.ID - JAKARTA. McKinsey & Company merilis publikasi berjudul How COVID-19 is Changing Behavior-Now and Forever pada 30 Juli 2020 lalu. Dalam publikasi tersebut, penulis publikasi yakni Sajal Kohli, Bjorn Timelin, Victor Fabius, dan Sofia Moulvad Veranen memaparkan, pandemi corona (covid-19) yang mewabah di sejumlah negara telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen pada beberapa aspek. Baca Juga: Kasus baru corona di Singapura diyakini bakal segera turun signifikan, ini sebabnya
Perubahan perilaku salah satunya tercermin pada cara konsumen berbelanja dan mengonsumsi barang. Di masa pandemi, konsumen cenderung lebih memilih untuk berbelanja melalui secara digital melalui platform e-commerce. Kalaupun belanja dilakukan secara luring atau offline, konsumen cenderung memilih berbelanja di toko yang memiliki lokasi dekat rumah. Seiring perubahan tersebut, frekuensi belanja juga cenderung berkurang. Konsumen cenderung memilih untuk berbelanja dalam frekuensi yang lebih jarang, namun dengan porsi belanjaan yang lebih banyak dibanding biasanya (larger basket). Di saat yang bersamaan, konsumsi produk-produk yang biasa di konsumsi di jalan (on-the-go consumption) juga mengalami penurunan. Maklum, waktu yang dihabiskan oleh konsumen kini lebih banyak dihabiskan di rumah seiring maraknya sistem bekerja dan belajar dari rumah.