Medco Energi (MEDC) Rampungkan Akuisisi Dua Aset Migas di Oman, Segini Nilainya



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah merampungkan akuisisi 20% kepemilikan saham di dua Exploration and Production Sharing Agreements (EPSA) di Oman dari OQ Exploration & Production LLC (OQEP).

Medco Energi mengakuisisi 20% kepemilikan atas EPSA produksi Blok 60 dan 20% kepemilikan atas EPSA eksplorasi Blok 48, keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat Oman dekat perbatasan Arab Saudi.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis (14/12), berdasarkan surat penjual, dalam hal ini adalah OQ Exploration and Production LLC, tertanggal 4 Desember 2023, penjual telah menetapkan nilai sebesar US$ 535,27 juta, yang harus dibayarkan oleh MEDC kepada OQ Exploration and Production LLC pada tanggal penyelesaian transaksi.


Sebelumnya, MEDC dan OQ Exploration and Production LLC telah menandatangani perjanjian jual beli aset (asset sale and purchase agreement) tertanggal 22 Agustus 2023

Baca Juga: IHSG Naik 1,42% ke 7.176 Kamis (14/12), MEDC, MAPI, GOTO Top Gainers LQ45

Selain itu, MEDC sebagai pembeli Blok 60 Oman, juga harus membayar kepada OQ Exploration and Production suatu pembayaran yang ditangguhkan (deferred payment). Pertama, senilai US$ 10 juta yang dibayarkan masing-masing pada tanggal 1 Desember 2024 dan 1 Desember 2025. Kedua, sebanyak US$ 12,5 juta, masing-masing pada tanggal 1 Desember 2026, 1 Desember 2027, 1 Desember 2028, dan 1 Desember 2029.

Manajemen berkeyakinan, akuisisi ini akan memperkuat keuangan MEDC. Dampak langsung dari akuisisi terhadap keuangan MEDC adalah terhadap peningkatan pendapatan dan peningkatan arus kas.

MEDC juga akan mendapatkan manfaat dari tambahan eksposur di pasar minyak internasional selama periode harga minyak tinggi dalam beberapa tahun ke depan. “Sebagai tambahan, ini berupa operasi berbiaya rendah dengan bagi hasil yang menguntungkan serta pajak penghasilan dalam Exploration and Production Sharing Agreements (EPSA) ditanggung oleh Pemerintah Oman,’ tulis manajemen MEDC, Kamis (14/12).

Baca Juga: Ini Emiten Konglomerasi yang Rajin Ekspansi di Tahun 2023

Sebagai gambaran, Blok 60 mencakup area seluas 1.485 km2 dan memproduksi sekitar 63 million barrels of oil per day) (mboepd) dari lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul, kontrak EPSA akan berakhir pada 2048. Sedangkan Blok 48 yang lokasinya berdekatan, mencakup area seluas 2.995 km2 dan memiliki potensi minyak dan gas yang signifikan.

OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut dan akan memfasilitasi pertukaran keahlian dalam eksplorasi gas, pengembangan lapangan, penerapan teknologi serta proses keberlanjutan melalui penempatan pekerja Medco Energi di operasi bersama dan penugasan korporasi bilateral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati