Medco Temukan Minyak Lagi di Libya



JAKARTA. Jauh-jauh ekspansi ke Libya rupanya tak sia-sia bagi PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). Kemarin (4/2), perusahaan migas ini mengumumkan penemuan minyak dan gas lagi di Area 47 Libya. Penemuan minyak dan gas ini berasal dari sumur eksplorasi baru.

Penemuan ini merupakan yang ke-10 di Area 47 sejak Medco melakukan pengeboran pada September 2006. Sumur baru itu mampu menghasilkan 1.315 barel minyak per hari atau barrels of oil per day (bpod). Sedangkan gasnya bisa mengalir sampai 16,2 juta kaki kubik atau million cubic feet (mmcf) per hari.

Direktur Proyek Medco Lukman Machfoedz menjelaskan, berdasarkan pengujian, sepuluh sumur eksplorasi plus dua sumur kajian di Area 47 Libya kelak bisa menghasilkan produksi minyak sekitar 99.320 bpod. Sumur-sumur itu juga ditaksir bisa menghasilkan gas sekitar 92,7 mmcf per hari. "Sumur-sumur itu akan ditutup untuk sementara sebagai potensi sumur produksi minyak dan gas di masa mendatang," ujarnya. Dengan temuan ini, Medco yakin bisa memulai produksi di Area 47 sesuai jadwal yakni tahun 2011. Area 47 persisnya terletak di Ghadames, Libya. Medco mengambilalih ladang minyak ini pada 2005 lewat anak perusahaannya Medco Internastional Ventures. Medco menguasai kepemilikan 50% saham di lapangan blok migas tersebut untuk jangka waktu lima tahun. Kontrak pertama berlaku mulai 2005 hingga 2010. Sisa kepemilikan sebanyak 50% menjadi milik Verenex Energy Inc. Verenex ini juga akan bertindak sebagai operator di Area 47.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie