KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (
MNCN) tampil dominan di sepanjang tahun ini. Buktinya, perusahaan sukses mencatat 45,2% pangsa pemirsa di slot
all time per Oktober 2021. Emiten besutan Harry Tanoe ini juga memperoleh 52,8% pangsa pemirsa di slot
prime-time sampai dengan Oktober 2021. Ini artinya, MNCN memimpin
audience share berdasarkan grup hingga Oktober 2021. Melansir laporan bisnis MNCN, Rabu (3/11), posisi kedua ditempati PT Surya Citra Media Tbk (
SCMA) dengan pangsa pemirsa di slot
all time sebesar 27,8% dan 25,6% pangsa pemirsa di slot
prime-time. Disusul, grup Trans yang memiliki porsi 13% untuk slot
all time dan 9,8% untuk slot
prime-time. Dari laporan tersebut terlihat, pangsa pemirsa MNCN mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan kuartal II-2021. Pada kuartal II-2021, pangsa pemirsa MNCN berada di level 46,3% untuk slot
all time dan 53,9% untuk slot
prime-time. Manajemen menyebut, penurunan pangsa pemirsa ini dikarenakan berakhirnya perhelatan EURO 2020, yang ditayangkan pada kuartal II-2021. Namun, pada kuartal III-2021 sendiri, kinerja
free-to-air (FTA) masih tercatat di level 45,7% pada pangsa pemirsa di slot
all time dan 53,7% pada slot
prime-time. Sejauh ini, MNCN memimpin kinerja industri secara signifikan.
Baca Juga: Perkuat bisnis gaming dan e-Sport, begini rekomendasi analis untuk saham MNCN Dari sisi pemrograman konten, MNCN berhasil mempertahankan dominasinya dengan menorehkan 18 dari 20 program terbaik sampai dengan bulan Oktober 2021. Hal tersebut membuktikan MNCN berada di posisi tertinggi sebagai pemimpin industri dalam 7 genre pemrograman utama, baik program reguler maupun program khusus, yakni drama, pencarian bakat, animasi,
infotainment, online blocking program, berita, dan acara penganugerahan (
awards). Sebanyak lima series besutan MNCN masuk ke dalam lima besar sinetron dengan
share tertinggi. Posisi pertama ditempati oleh sinetron Ikatan Cinta dengan rating 12,5 dan
share 47,5, disusul Amanah Wali 4 dengan
rating 5,2 dan
share 26,5 serta Preman Pensiun 5 dengan
rating 4,7 dan
share sebesar 36,9. Sejalan dengan membaiknya pasar periklanan di Indonesia dan kinerja yang sangat baik dari program MNCN di televisi, terjadi lonjakan yang signifikan dalam pangsa belanja iklan pada kuartal III-2021. MNCN membukukan pangsa pasar belanja iklan sebesar sebesar 51%, naik dari posisi belanja iklan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 39%
Di posisi kedua, ada grup PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (
EMTK) dengan share belanja iklan 24%. Di posisi ketiga dan keempat ada Trans Corp dan Vina Grup dengan masing-masing porsi belanja sebesar 10%. “Di tengah periode pandemi saat ini, tim kami telah bekerja keras di setiap harinya untuk terus memproduksi konten-konten unggulan dan terbaik di pasar, baik program reguler maupun program spesial secara konsisten selama lebih dari 1 tahun,” terang Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group, Rabu (3/11). Memasuki kuartal keempat 2021, Harry meyakini pihaknya dapat mempertahankan pencapaian ini. Saat ini MNCN sedang menyusun
pipeline program strategis memasuki tahun 2022. Dirinya optimistis MNCN akan terus dapat mempertahankan dominasinya di pertelevisian tanah air.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari