Mega Perintis (ZONE) Prediksi Penjualan Akhir Tahun Melesat



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mega Perintis Tbk (ZONE), emiten yang bergerak di bidang retail fesyen, optimistis dapat meraih target pertumbuhan penjualan dan laba bersih tahun 2022. Hal ini didukung oleh tren peningkatan penjualan ritel sandang yang terus berlanjut serta ekspektasi lonjakan penjualan bulan Desember terkait momentum hari raya Natal dan Tahun Baru.

ZONE menargetkan tahun ini penjualan dapat tumbuh 20% dan laba bersih dapat naik dua kali lipat. Direktur Keuangan ZONE Luki Rusli mengatakan, pihaknya optimistis bisa meraih target 2022. Hingga kuartal ketiga 2022, perusahaan ini telah membukukan peningkatan penjualan 56% year on year (YoY) dan peningkatan laba bersih 803% secara tahunan.

"Kinerja yang positif ini, salah satunya juga berkat keberadaan Tancorp sebagai salah satu pemegang saham utama yang selalu mendukung ZONE, sehingga semua rencana bisnis bisa berjalan dengan baik,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Sabtu (24/12).


Baca Juga: Mega Perintis (ZONE) Perkirakan Penjualan Melonjak 50% di Akhir Tahun

Pada periode Januari-September 2022, ZONE membukukan laba bersih Rp 62,47 miliar, melesat 803% dari Rp 7,05 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan laba bersih tersebut diperoleh berkat penjualan yang naik 56% menjadi Rp 497,62 miliar pada Sembilan bulan pertama 2022. Kecenderungan peningkatan penjualan ritel fashion telah menjadi faktor pendukung pertumbuhan penjualan ZONE yang signifikan tersebut.

“Ditambah lagi, adanya momen Natal dan Tahun Baru pasca pandemi kali ini kami yakin juga akan membantu mendongkrak penjualan di akhir tahun. Dibandingkan bulan-bulan biasa, penjualan pada momen Hari Raya Natal dan Tahun baru biasanya meningkat 40%-50%,” ungkap Luki.

Terkait momentum perayaan akhir tahun, ZONE telah menyiapkan koleksi-koleksi terbaru untuk edisi Natal dan Tahun baru bagi para pelanggan dan juga menyiapkan promo-promo menarik baik di kanal online maupun offline.

Baca Juga: Mega Perintis (ZONE) Targetkan Penjualan Naik 20% pada Tahun 2023

Produk yang bisanya diminati untuk menyambut perayaan akhir tahun untuk produk fashion ladies adalah merek “minimal”. Untuk itu, ZONE telah menyiapkan koleksi “minimal studio” yang menampilkan kesan mewah dan elegan dan “minimal everyday” dengan desain yang lebih kasual.

Terkait produk fashion pria dengan merek “MANZONE & MOC”, ZONE telah menyiapkan produk smart casual yang menampilkan kesan nyaman dan tetap professional, serta batik serta tees (T-Shirt) untuk outfit kasual termasuk tees untuk koleksi bola dalam rangka meramaikan acara Piala Dunia 2022. Maka dari itu, ZONE telah menyiapkan stok yang memadai untuk mengantisipasi peningkatan permintaan di bulan Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati