Melesat 61%, Intiland (DILD) Kantongi Marketing Sales Rp 501 Miliar di Kuartal I 2022



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Intiland Development Tbk (DILD) berhasil mendongkrak raihan pendapatan pra-penjualan alias marketing sales dalam tiga bulan pertama tahun ini. DILD membukukan marketing sales sebesar Rp 501 miliar pada Q1-2022. 

Realisasi tersebut melesat 61,61% dibandingkan marketing sales yang dikantongi DILD pada kuartal pertama 2021 senilai Rp 310 miliar. Sekretaris Perusahaan DILD Theresia Rustandi menyampaikan bahwa kondisi pasar properti pada tiga bulan pertama tahun ini lebih kondusif dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Penjualan produk properti dalam tren meningkat, seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen yang ingin memanfaatkan sejumlah insentif kebijakan pemerintah," kata Theresia kepada Kontan.co.id, Kamis (28/4).


Baca Juga: Intiland (DILD) Kantongi Marketing Sales Rp 500 Miliar Pada Kuartal I

Jika dirinci, segmen pengembangan perumahan memberi kontribusi terbesar dengan nilai Rp 254 miliar atau 51% dari total marketing sales DILD di kuartal pertama 2022. Penjualan segmen kawasan industri menyumbang 38% dengan nilai sebesar Rp 190 miliar. Sementara segmen pengembangan mixed-use & high rise memberi kontribusi 11% dengan membukukan Rp 57 miliar.

Sedangkan jika dirinci berdasarkan lokasi pengembangannya, proyek-proyek di Surabaya memberikan kontribusi marketing sales Rp 319 miliar atau 64%. Sisanya berasal dari penjualan proyek-proyek di area Jakarta dan sekitarnya dengan nilai Rp 182 miliar atau 36% dari raihan marketing sales DILD sejauh ini.

Sebagai informasi, realisasi marketing sales Rp 501 miliar pada kuartal pertama 2022 itu setara dengan 20,87% dari target marketing sales DILD tahun ini, yang diproyeksikan mencapai Rp 2,4 triliun.

Baca Juga: Intiland Development (DILD) Cetak Pendapatan Rp 2,62 Triliun Sepanjang 2021

Mencermati capaian di kuartal pertama, Theresia menilai kinerja penjualan DILD masih sejalan dengan target. Manajemen DILD memproyeksikan kontribusi terbesar masih berasal dari penjualan segmen perumahan dan kawasan industri. 

"Kami terus berupaya mencapai target marketing sales Rp 2,4 triliun hingga akhir tahun nanti. Prospek sektor properti tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu, sehingga bisa menjadi titik balik dan momentum bagi pasar properti kembali tumbuh secara stabil," ujar Theresia.

Penjualan di segmen perumahan diperkirakan akan lebih cepat pulih seiring kembalinya minat beli dan investasi konsumen. Beberapa proyek yang memberikan kontribusi penjualan bagi DILD antara lain berasal dari Serenia Hills di Jakarta, Talaga Bestari di Tangerang, dan  Graha Natura dan Amesta Living yang berlokasi di Surabaya.

Editor: Wahyu T.Rahmawati