Memasuki Bulan Ramadan, Pengunjung Supermal Karawaci Naik Hingga 30%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momentum Lebaran 2023 akan membawa berkah bagi pengelola pusat belanja. Setelah tahun-tahun sebelumnya terdampak pandemi, pusat belanja tahun ini bakal lebih bergairah lantaran sudah tidak ada lagi pembatasan-pembatasan mobilitas masyarakat.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) sebelumnya memprediksi rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Ramadan dan Lebaran Idul Fitrii 2023 bisa tumbuh lebih dari 100% dibandingkan periode sebelum pandemi, atau setidaknya sama dengan sebelum pandemi.

Supermal Karawaci, salah satu yang sangat optimis menyambut bulan Ramadan 2023.Pusat belanja ini telah menyiapkan serangkaian program menarik bagi pengunjung setianya selama momemtum ini.


Direktur PT Supermal Karawaci Eddy Halim, mengungkapkan jumlah pengunjung sudah mengalami peningkatan signifikan pasca pandemi Covid-19. "Kami selalu membandingkan kondisi sebelum pandemi, saat pandemi, dan pasca pandemi. Walaupun tahun ini belum 100% bisa disebut pasca pandemi, tetapi traffic Supermall Karawaci sudah menunjukkan perkembangan positif dengan rata-rata pengunjung harian mencapai 27.000," ungkapnya, Kamis (30/3).

Setelah memasuki bulan Ramadan, lanjutnya, tingkat pengunjung semakin meningkat. Eddy bilang, traffic harian tercatat mengalami kenaikan sekitar 20%-30%.

Dia menjelaskan, penjualan bisnis ritel memiliki siklus naik turun dalam satu tahun. Siklus naik terjadi pada saat bulan Ramadhan karena tingkat konsumsi masyarakat meningkat pada momentum ini. Orang-orang datang di pusat belanja untuk mempersiapkan idul fitri dam juga untuk berbuka puasa.

Selain itu, tingkat okupansi Supermal Karawaci juga sudah meningkat pasca pandemi Covid-19. Menurut Eddy, saat ini okupansinya sudah di atas 90%.

Sebelumnya, Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, Ramadan dan Lebaran tahun ini sangat disambut baik oleh para peritel setelah tiga tahun berturut-turut sebelumnya selalu disertai dengan berbagai pembatasan mobilitas akibat pandemi Covid-19. “Puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan umumnya akan terjadi dua minggu atau seminggu jelang Idul Fitri,” ujar dia.

Siapkan Program My Dream Ramadan in Marrakech

Untuk menyambut peningkatan jumlah pengunjung tersebut, Supermal Karawaci menggelar serangkaian program menarik dengan mengusung tema My Dream Ramadan in Marrakech. Program ini akan berlangsung hingga 30 April 2023.

Salah satunya, Supermal Karawaci bekerja sama dengan Dompet Dhuafa mengajak 30 anak dari Yayasan Al Barokah dan Daarul Kamil pada 30 Maret 2023 untuk berbelanja baju lebaran di Matahari Dept. Store. Anak-anak dari kedua yayasan itu juga diajak berbuka puasa menikmati sajian dari Popeyes, Hokben, Krispy Kreme dan Solaria, lalu dilanjutkan bermain berbagai wahana di Timezone.

Selain itu, Eddy mengatakan pihaknya mengggelar berbagai acara lomba untuk keluarga pada 1-2 April, berupa Pottery Decorating dan Moslem Fashion Show Competition. Pada program tersebut deretan tenant, seperti SOGO, Matahari Dept. Store, Delamibrands, Nobby, dan Elsy akan menghadirkan koleksi terbaik edisi Ramadan mulai 8 hingga 16 April 2023.

Lalu, akan diadakan program program THR (Tangkap Hadiah Ramadhan) mulai 7-16 April 2023. Program ini menawarkan  berbagai hadiah senilai total puluhan juta rupiah untuk para VIP member yang telah berbelanja minimal Rp 500 ribu. 

"Supermal Karawaci juga kembali mengadakan Super Midnight Sale pada 15 April 2023 dengan potongan harga sampai 70% dari seluruh tenant, yang akan dimulai pukul 20.00 WIB – 24.00 WIB dan VIP member dengan pembelanjaan tertinggi akan mendapatkan IPhone 14,” kata Eddy.

Beragam acara tematik Ramadan juga akan berlangsung setiap sore dan malam hari, seperti Arabian Dance, Sufi Dance, Camel Mascot, Marawis, Gambus orkes, dan Zapin Dance yang berkeliling di dalam mal mulai 8-21 April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk