Memasuki diskon PPnBM periode kedua, sejumlah APM lakukan penyesuaian harga mobil



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) mengakui telah melakukan penyesuaian harga mobil seiring dengan turunnya diskon PPnBM di periode kedua menjadi 50% dari yang sebelumnya 100%. Adapun periode kedua ini akan berjalan dimulai pada Juni hingga Agustus 2021 mendatang. 

Sebelumnya di bulan Maret  sampai Mei 2021 pemerintah memberikan insentif potongan pajak hingga 100% untuk kendaraan yang di bawah 1.500 cc. Sementara di Juni sampai dengan Agustus 2021 mendatang, potongannya sebesar 50% sama dengan kendaraan berkubikasi 1.500 cc hingga 2.500 cc yang sedari awal di bulan April lalu mendapat insentif sebesar 50%.

Vice President Director Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan adanya perubahan skema insentif PPnBM dari pemerintah otomatis harga mobil yang mendapatkan insentif melakukan penyesuaian harga. 


"Di Toyota, ada 6 produk di bawah 1.500 cc yang masuk dalam kebijakan ini, Avanza, Rush, Yaris, Vios, Sienta, dan Raize. Sementara untuk 1.500cc - 2.500 cc, ada dua produk yang masuk dalam kebijakan ini, yaitu Kijang Innova dan Fortuner," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (1/6). 

Baca Juga: Periode diskon 100% PPnBM hampir selesai, konsumen harus teliti sebelum membeli mobil

Henry memaparkan penyesuaiannya bervariasi untuk setiap modelnya. Jika dibandingkan dengan insentif 100% untuk kendaraan di bawah 1.500 cc yang berlaku Maret hingga Mei 2021 lalu, kisaran perubahan harganya sekitar 3% hingga 4% atau mulai dari Rp 6,4 juta sampai dengan Rp 32,9 juta. 

Sementara untuk produk yang masuk dalam 1.500 cc sampai 2.500 cc, harganya tidak ada perubahan dibandingkan dengan harga bulan kemarin.

Henry bilang, walaupun skema insentifnya berbeda, pihaknya yakin tetap akan memberikan dampak yang positif bagi industri otomotif Indonesia. "Memang mungkin kenaikannya tidak akan sebesar ketika insentifnya masih 100%. Dan rasanya kita harus lihat dulu satu bulan berjalan ini seperti apa untuk melihat perbandingannya," kata Henry. 

Pada periode kedua ini, Toyota masih menjagokan produk 7 seater seperti  Avanza, Rush, dan Kijang Innova yang masih akan mendominasi. 

Begitu juga dengan Daihatsu yang mengakui ada kenaikan harga pada mobil yang menikmati kebijakan ini. Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra membenarkan ada kenaikan harga kendaraan Daihatsu karena menyesuaikan pengurangan diskon pajak dari 100% menjadi 50%.

Editor: Handoyo .