Memecoin Semakin Mendominasi Pasar Kripto, Ini Penyebabnya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor memecoin semakin mendominasi pasar kripto secara global dan mengubah cara pandang investor kripto. Berawal dari lelucon internet, token ini sekarang dianggap serius di kalangan penggemarnya. Komunitas dan loyalitas kuat menjadi pendorong utama nilai memecoin.

Popularitas memecoin seperti Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB) menandai supercycle baru dalam dunia kripto. Berbeda dari koin kripto biasa yang fokus pada teknologi atau kegunaan tertentu, memecoin menekankan pada komunitas dan budaya internet (internet culture). 

Haipo Yang, CEO dan Pendiri crypto exchange CoinEx mengatakan, dengan semakin banyaknya token baru berjenis memecoin ini di pasar kripto, kebutuhan akan keunggulan khusus semakin penting, terlebih-lebih kripto jenis ini sangatlah spekulatif.


“Banyak orang tertarik pada memecoin alias meme token, karena rasa kepemilikan dan loyalitas terhadap komunitasnya,” kata Haipo Yang dalam keterangannya dilansir Senin (28/10).

Baca Juga: Prediksi Aset Kripto di Kuartal IV-2024, Bitcoin Berpotensi Mencetak Rekor Tertinggi 

Dogecoin, misalnya, yang diluncurkan pada 2013 dan terinspirasi oleh meme anjing Shiba Inu, menjadi pelopor memecoin. Sejak saat itu, berbagai memecoin bermunculan, seperti Shiba Inu (SHIB) dan Pepe (PEPE) terkait dengan karakter ‘Pepe the Frog’, serta DOGS, sebuah memecoin dari The Open Network (TON) yang terinspirasi dari anjing peliharaan Pavel Durov, sang Pendiri Telegram. 

Haipo bilang, koin-koin tersebut berhasil menarik perhatian dan dukungan kuat dari komunitas daring, di mana pemegang token merasa terkait secara emosional dan sosial dengan simbol-simbol itu. Kekuatan komunitas ini menjadi alasan mengapa harga memecoin dapat meningkat jauh melampaui nilai intrinsik yang mungkin ada.

Selain faktor komunitas, kondisi eksternal seperti ketidakpastian ekonomi dan inflasi juga berperan dalam meningkatkan popularitas memecoin. Saat investor mencari alternatif investasi dengan potensi imbal hasil tinggi, memecoin sering muncul sebagai pilihan utama.

Tidak hanya komunitas yang mendukung, tetapi berbagai platform juga memberikan kesempatan bagi memecoin untuk terus berkembang. CoinEx, misalnya, adalah salah satu platform yang aktif dalam mendukung memecoin. Platform ini mencatatkan berbagai jenis memecoin, mulai dari yang sudah popular hingga yang baru dirilis. 

Baca Juga: Pendaftaran PFAK untuk Exchange Kripto Diperpanjang, Ini Kata Indodax

Haipo mengatakan, CoinEx berkomitmen untuk mendukung proyek-proyek berbasis komunitas dengan proses listing yang cepat. Pendekatan ini memungkinkan pengguna untuk segera berinvestasi dalam tren memecoin yang sedang naik daun, memberikan mereka peluang untuk meraih keuntungan dari peningkatan awal harga.

“CoinEx juga memastikan bahwa setiap memecoin yang tercatat telah melalui pemeriksaan ketat, memberikan keamanan bagi pengguna,” ujar Haipo

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan memecoin terus menunjukkan kekuatan komunitas dalam dunia kripto. Apa yang dimulai sebagai lelucon kini telah berkembang menjadi aset bernilai miliaran dolar. CoinEx memproyeksikan nilainya bisa segera menembus US$ 1 triliun.

Selanjutnya: Egogo Hub Sediakan Berbagai Wireless Audio di Indonesia Game Expo 2024

Menarik Dibaca: Mau Dividen Dari Tolak Angin dan Enervon-C? Yuk, Masih Sempat Beli Sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk