Memilih router wifi, begini perbedaan router dual band dengan single band



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini hampir seluruh kegiatan masyarakat masih berada di rumah. Peran internet menjadi mutlak. Tak kalah penting  adalah memilih router, yakni  perangkat keras yang dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan. Baik itu jaringan yang sama atau juga jaringan yang berbeda. 

Routing adalah proses pengiriman paket data dengan melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lain. Saat ini ada dua pilihan router. Mana yang lebih baik, dual band atau single band?

Router single band  hanya menggunakan satu frekuensi yaitu 2,4 GHz. Sementara dual band menggunakan dua frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5GHz sekaligus. Sehingga kinerja biasanya lebih baik daripada single band.
 
Penggunaan multiband ini membuat router dual band jauh lebih efisien. Jika single band biasanya cukup untuk aktivitas ringan, seperti menjelajah web, mengirimkan email dan lain. Sedangkan dual band bisa diajak berpacu dengan streaming video HD dan mendownload dengan kecepatan tinggi, atau audio visual beresolusi tinggi. Sehingga cocok untuk para gamer.
 
Masalahnya harga  router dual band lebih tinggi dari single band. Tapi kini beberapa produsen menawarkan router dual bank dengan harga miring. Seperti Archer C24 AC750 DualBand Wi-Fi Router dari TP Link. Router dualband ini diklego seharga Rp 200.000-an. “Cocok untuk memenuhi kebutuhan online sehari-hari,” kata Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia, dalam rilis yang diterima Kontan.co.,id, Jumat (26/3). 
 
Router ini juga dilengkapi parental control untuk memantau dan mengontrol pemakaian internet anak-anak. serta Guest Network yang menyediakan akses terpisah untuk tamu yang berkunjung dan meningkatkan keamanan jaringan host. 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian