KONTAN.CO.ID - JAKARTA. LG Electronics (LG) ikut hadir di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Mandalay Bay Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Perusahaan tersebut memperkenalkan visi baru sekaligus tema pada pameran tersebut. William Cho, CEO LG menyatakan kembali tujuan ambisius perusahaan, yaitu bertransformasi menjadi perusahaan solusi bagi kehidupan cerdas. Hal ini sejalan dengan pemahaman mendalam tentang konsumen global dan ruang hidupnya yang diperoleh LG sepanjang hampir tujuh dekade. Nah, LG bakal memperlebar bisnisnya. Tak hanya menjadi dukungan pengguna bagi aktivitas di rumah, tapi merambah pada beragam ruang termasuk mobilitas, komersial dan virtual. LG ingin meningkatkan pengalaman pengguna dengan berfokus pada lima elemen utama. Kelimanya yaitu Kepedulian (Care), Konektivitas (Connectivity), Kustomisasi (Customization), Pelayanan (Servitization) dan Keberlanjutan (Sustainability).
LG telah mengidentifikasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memiliki posisi penting sebagai salahsatu faktor penentu. Perusahaan mendefinisikan ulang AI sebagai kecerdasan penuh afeksi (affectionate intelligence). Melalui definisi ini, perusahaan mengungkap keyakinan mereka, AI dapat menumbuhkan pengalaman pengguna yang lebih peduli, berempati dan penuh perhatian. Divantara 500 juga hingga 700 juta produk LG di seluruh dunia, banyak yang telah dilengkapi sensor cerdas dengan dukungan AI. Dukungan ini dioptimalkan untuk mempelajari dan menganalisis pola kehidupan pengguna baik secara fisik maupun emosional. Cho menjabarkan peran integral LG AI Brain, mesin pemrosesan canggih yang digerakkan Large Language Model (LLM) LG. Dengan memanfaatkan besarnya data pengguna, LG AI Brain memperkirakan kebutuhan pengguna tak hanya berdasarkan interaksi antara pengguna dan produk. Namun pula pembelajaran kontekstual, melakukan proses penalaran tingkat lanjut dan menghasilkan solusi optimal melalui pengaturan tindakan perangkat fisik. Keseluruhan hal ini memungkinkan LG memberikan layanan dan pengalaman cerdas di berbagai ruang kehidupan pengguna. “Semuanya disampaikan dengan cara lebih cerdas dan efisien. Menunjukkan perhatian yang tertanam dalam konsep kecerdasan yang penuh afeksi dari LG,” ujar William Cho, Selasa (9/1). LG mendorong tumbuhnya perilaku aman dan menjamin keamanan semua data pribadi. Penerapannya melalui sistem keamanan data perusahaan, LG Shield. Sistem keamanan data ini dirancang melindungi data dan informasi pribadi di setiap tahap proses. Baca Juga: CES 2024: Bosch Unjuk Teknologi dengan Energi Berkelanjutan bagi Kebutuhan Konsumen Dalam acara tersebut LG juga memperkenalkan teknologi dan inovasi terbaru dalam berbagai perangkat. Jung Ki-hyun, Wakil Presiden dan Kepala Pusat Bisnis Platform LG dan Eun Seok-hyun sebagai Presiden Perusahaan Solusi Komponen Kendaraan LG yang memperkenalkan teknologi inovatif berbasis AI dan strategi. Dimulai dari rumah, Jung mempresentasikan cetak biru rumah pintar berbasis AI LG. Di antaranya meluncurkan layanan inovatif, ChatThinQ. Layanan ini merupakan chatbot AI generatif yang memungkinkan percakapan alami dengan pengguna. LG juga memperkenalkan 3D Home View. Keberadaannya menjadi sebuah visualisasi 3D rumah untuk kontrol ruang terintegrasi dengan cara intuitif. Pada kesempatan tersebut LG juga mengungkap rencana untuk meluncurkan hub rumah pintar baru.